Sukses

Relationship

5 Cara Membangun Hubungan dengan Pasangan yang Beda Agama

Fimela.com, Jakarta Untuk beberapa pasangan, pernikahan antar agama akan sangat rumit dan sulit untuk dilalui. Terkadang hal ini dapat menjadi sulit untuk menerima bahwa pasangan tidak memiliki keyakinan agama yang sama, terutama saat iman menjadi salah atau bagian terbesar dalam hidup seseorang. Tak hanya hubungan pernikahan beda agama saja yang sulit, saat melalui masa pacaran tentu akan sulit bagi beberapa orang.

Terkadang dalam sebuah hubungan yang berbeda agama akan membutukan banyak komunikasi dan komitmen, tetapi ketika pasangan dan kamu saling berusaha kemungkinan besar akan berhasil. Jika ingin mempertahakan hubungan yang berbeda mulailah untuk membangun fondasi yang kuat serta pemahaman.

Salah satu hal yang menjadi masalah dalam hubungan berbeda agama adalah pemahaman dan rasa menghormati yang kurang kepada pasangan. Jika iman menjadi hal yang sangat penting dalam hidup, akan membutuhkan komunikasi yang jelas serta usaha untuk membuat hubungan antar agama berhasil. Berikut beberapa hal untuk membangun hubungan yang berbeda agama:

1. Membangun Kepercayaan dan Menghargai

Jangan pernah mengubah sifat pasanganmu, hormati dan yakinkan pasangan meskipun berbeda kepercayaan. Selain itu jangan pernah mencoba dia untuk mengikuti agamamu atau mungkin jangan mengkritik mereka dengan keyakinan yang dianut. Ingatlah bahwa agama pasanganmu juga sama dan sangat penting bagi mereka seperti penting bagimu juga.

2. Memberitahu Pasangan tentang Agamamu

Tunjukkan pada pasanganmu bahwa kamu menghormati dan sangat peduli tentang kehidupan spiritual mereka dan sedang berusaha untuk memahami keyakinan mereka dengan lebih baik. Cobalah untuk belajar serta memahami keyakinan pasanganmu agar saling mengerti.

3. Partisipasi dalam Tradisi Keagamaan Pasanganmu

Jika tidak berkenan atau tidak ingin, jangan pernah ikut. Akan tetapi, jika kamu ingin mengikuti partisipasi dalam sebuah tradisi keagamaan pasanganmu ikutlah tidak apa. Minta pasanganmu untuk membawamu dalam sebuah tradisi keagamaannya sesekali jika kamu ingin. Pastikan pasangannmu mengerti bahwa kamu tidak memiliki maksud lain, jelaskan bahwa kamu merasa aman dengan keyakinanmu sendiri dan juga kamu ingin mendukung keyakinan pasangan karena mencintainya.

4. Bantu Pasanganmu Merasa Nyaman di Tradisi Agamamu

Sesekali bantulah pasanganmu untuk merasa nyaman dalam tradisi agamamu juga, dukung pasanganmu bahwa setiap agama memiliki keistimewaan tersendiri agar dia memiliki keyakinan tersendiri.

5. Mendiskusikan Agama dengan Pasangan

Bicarakan dengan pasangan tentang apa arti agama bagi masing-masing dari kalian dan dari masa asal, serta peran apa yang dimainkan oleh agama dalam kehidupan pribadi. Terkadang terbuka dengan pasangan tentang agama tidak ada salahnya, selain itu saling bekerja untuk memahami pasangan lebih baik.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan saat berada di suatu hubungan yang memiliki perbedaan agama. Terkadang akan sulit bagi setiap pasangan untuk berhubungan dalam hubungan tersebut, tetapi tetap yakin dengan masing-masing keyakinan di dalam diri.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading