Sukses

Relationship

Bisa Nggak Sih Perempuan dan Pria Jadi Teman Saja? Ini Kata Penelitian

Fimela.com, Jakarta Mungkin ini adalah pertanyaan banyak orang, sebenarnya bisa nggak sih perempuan dan pria berteman saja? Tanpa ada perasaan romantis? Pertanyaan yang selalu sulit dijawab.

Kamu mungkin telah mendengar banyak orang memperdebatkan pendapat pribadi mereka dan orang akan kesulitan untuk membicarakan masalah ini tanpa mengacu pada film klasik akhir tahun 80-an "When Harry Met Sally." Sebenarnya pertanyaan ini tidak lagi filosofis mendalam seperti dulu, mengingat bagaimana masyarakat kita telah berevolusi dalam beberapa hal.

Bisakah perempuan dan pria berteman saja?

Jawabannya, ya. Tentu saja, dengan kejelasan dan niat baik.

Perempuan dan pria bisa berteman tanpa perlu komplikasi apapun. Setiap acara televisi, novel populer, dan film, menolak untuk mengizinkan protagonis pria dan perempuan mereka hidup berdampingan dalam kedamaian berbagi hubungan platonis, seperti dilansir dari yourtango.com.

Pengaruh media kontemporer terhadap cara berpikir kita

Ada Otis dan Maeve di "Sex Education," setiap kombinasi hubungan di "Friends," Ron dan Hermione di "Harry Potter," serta Miles dan Alaska di "Looking for Alaska, terlepas dari alur cerita yang terlalu berlebihan hingga menjadi monoton yang melelahkan, mereka juga tidak realistis dan berbahaya. Ada juga gagasan seksi tentang pendapat bahwa perempuan dan pria tidak bisa berteman.

Sebagian besar dari konsep ini berasal dari bagaimana masyarakat meremehkan perempuan. Alih-alih menjadi setara dengan pria dengan cara yang memungkinkan pertemanan biasa, nada dari fenomena budaya ini adalah bahwa perempuan hanya bisa eksis di ranah pria melalui cara romantis atau seksual.

Jelas, representasi media kontemporer tentang karakter perempuan yang kuat bertujuan untuk menghilangkan pemikiran misoginis semacam ini, tapi dengan terus tidak adanya persahabatan penuh antara pria dan perempuan di media, sisa-sisa cara berpikir kuno ini cukup membuat banyak penonton tidak nyaman. Terlepas dari ideologi separatis dan seksis masyarakat kita, penelitian ilmiah mendukung fakta bahwa pria dan perempuan bisa berteman.

Menariknya, para peneliti telah menyimpulkan bahwa persahabatan campuran ini penting karena memberikan bentuk dukungan dan pemenuhan yang berbeda dari yang diterima pria dan perempuan dari persahabatan sesama jenis. Heidi M. Reeder memulai dengan menerbitkan sebuah studi penting dalam Journal of Social and Personal Relationships pada tahun 2000.

Setelah melakukan analisis terhadap 20 persahabatan lintas jenis heteroseksual, Reeder menetapkan bahwa dari 4 jenis ketertarikan, yaitu fisik subjektif atau ketertarikan seksual, ketertarikan fisik atau seksual objektif, ketertarikan romantis, dan ketertarikan persahabatan, jenis ketertarikan yang paling umum di antara teman sebenarnya adalah ketertarikan persahabatan. Reeder menerbitkan studi lain pada tahun 2016 di Sexuality and Culture, tapi mengkualifikasikan makna yang melekat dari persahabatan di kedua sisi untuk masing-masing jenis kelamin.

Pria dan perempuan bisa kok hanya berteman saja!

Hasilnya menunjukkan bahwa perempuan paling sering membangun persahabatan pria-perempuan mereka sebagai hubungan saudara dan pria paling sering melabeli hubungan mereka dengan 'hanya teman.' Kedua cara membangun hubungan ini terkait dengan tingkat kepuasan persahabatan yang tinggi.

Dalam sebuah penelitian yang juga diterbitkan pada tahun 2016, peneliti Linda A. Sapadin juga membahas bagaimana pria dan perempuan heteroseksual memenuhi syarat untuk persahabatan sesami jenis. Persahabatan sesami jenis perempuan dinilai lebih tinggi untuk kualitas keseluruhan, seperti keintiman, kenikmatan, dan pengasuhan.

Di sisi lain, pria menilai persahabatan lintas jenis mereka lebih tinggi di bidang ini, dengan pengecualian keintiman yang dinilai sama oleh pria baik dalam persahabatan sesama jenis, maupun lintas jenis. Persahabatan lintas jenis memberikan pemahaman dan perspektif baru tentang lawan jenis.

Sapadin juga mencatat dalam studinya, bahwa kedua jenis kelamin umumnya memisahkan persahabatan dan hubungan seksual mereka, meskipun perasaan dan ketegangan seksual masih ada dalam banyak persahabatan lintas jenis. Tentu, tidak apa-apa untuk tertarik secara romantis dengan salah satu teman dari jenis kelamin yang berbeda, tapi perasaan ini juga tidak boleh dianggap remeh.

Bagaimana, Sahabat FIMELA? Menurutmu, bisakah pria dan perempuan berteman saja?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading