Sukses

Relationship

5 Alasan Pria Berselingkuh Meski Memiliki Pernikahan yang Bahagia

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan selalu menjadi masalah yang ditakuti banyak pasangan dalam suatu hubungan. Perselingkuhan bisa menjadi faktor penghancur hubungan terlebih dalam hubungan pernikahan. Tindakan ini kerap dilakukan pria daripada perempuan. Akibatnya, mereka yang diselingkuhi merasakan patah hati dan bahkan frustasi.

Bahkan dalam hubungan pernikahan yang bahagia sekali pun, pasangan bisa saja melakukan perselingkuhan. Ini menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang. Pada umumnya pria jarang berselingkuh ketika mereka tidak merasakan kebahagiaan dalam pernikahannya. Ada banyak alasan mengapa seorang pria bisa selingkuh meski memiliki pernikahan yang bahagia. Penasaran, apa saja alasannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Adanya Kebutuhan yang Tidak Terpenuhi

Yang biasanya menimbulkan masalah dalam pernikahan adalah ketika kebutuhan seseorang dalam suatu hubungan tidak terpenuhi sepenuhnya. Mereka bisa secara keseluruhan bahagia dengan pasangannya tetapi masih merasakan ketidakpuasan. Mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan dengan cara yang sehat, sehingga mereka memutuskan untuk mencarinya pada orang lain.

2. Batasan Pribadi yang Buruk

Terkadang pria yang memiliki pernikahan bahagia melakukan perselingkuhan bukan atas kemauan sendiri. Tidak memiliki batasan apa pun dalam hubungan atau dengan orang lain mengenai perilaku apa yang dapat diterima atau tidak dapat diterima bisa meningkatkan kemungkinan pria terlibat dalam perselingkuhan. Jika dia adalah seseorang yang terlalu patuh dan kesulitan mengatakan 'tidak', dia mungkin akan berselingkuh bahkan jika dia mungkin tidak menginginkannya sejak awal.

3. Ketidakamanan dan Kurang Percaya Diri

Setiap orang memiliki rasa tidak aman tetapi terkadang cara kita menanganinya mungkin tidak sesehat yang kita inginkan. Suamimu bisa menjadi pasangan dan ayah yang hebat bagi anak-anakmu dan karena itu dia berada di bawah banyak tekanan untuk membuat keluarga bahagia. Mereka tidak dapat membicarakan rasa tidak aman ini dan mengatasinya dengan cara yang sehat, jadi mereka mencari cara untuk menyelesaikannya secara rahasia melalui perselingkuhan.

4. Ingin Eksplorasi Diri

Pria yang berselingkuh dari istrinya juga biasanya adalah seseorang yang merasa terkekang dalam kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri dalam hubungan mereka. Baginya, perselingkuhan adalah kesempatan untuk mengeksplorasi bagian dari diri mereka yang tidak pernah mereka alami sejak lama.

5. Tak Ingin Bergantung dan Rentan

Ini mungkin mengejutkan, tetapi emosi memang berperan dalam perselingkuhan seorang pria. Ini juga terkait dengan rasa tidak aman yang mungkin dimiliki suamimu. Sebagian besar, pria merasa sulit untuk benar-benar mengekspresikan emosi mereka dan menjadi rentan, bahkan terhadap diri mereka sendiri.

Itu sebabnya pernikahan menjadi mengakhawatirkan karena ini semua tentang menjadi rentan dan bergantung pada satu orang. Untuk merasa tidak terlalu rentan, dia sering melakukan perselingkuhan sebagai cara untuk menyebarkan detail intim dirinya dan tidak merasa sepenuhnya bergantung secara emosional pada satu orang.

Pastinya pria berselingkuh ada alasan yang mendasarinya. Namun, ketika kamu dan pasangan memiliki komunikasi yang baik tentu kalian sama-sama bisa saling mengungkapkan perasaan satu sama lain. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading