Sukses

Relationship

Pentingnya Punya Standar dalam Hubungan Cinta agar tidak Mudah Kecewa

Fimela.com, Jakarta Jatuh cinta bisa membuatmu seperti berada di puncak kebahagiaan, namun juga sering kali membawamu menuju kekecewaan. Ya, memang tidak semua orang memiliki standar yang sama saat menjalin suatu hubungan cinta.

Apakah mereka siap menerima satu sama lain, menerima sifat aslinya, dan kekurangannya? Walaupun begitu, tentu ada batasan tersendiri yang harus dibentuk.

Dilansir dari RelaxifyApp, memiliki standar yang tinggi dalam hubungan cinta pada dasarnya adalah bentuk kasih sayang terhadap pasangan dan diri sendiri. Standar yang telah dibuat tidak boleh diturunkan lagi hanya karena untuk memenuhi harapan orang lain.

Arti kata standar sendiri adalah batasan, nilai, atau prinsip dapat digunakan untuk melindungi diri kita sendiri dari orang lain dan situasi yang tidak dapat diterima. Saat menentukan standar dalam suatu hubungan cinta, cobalah untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan kehidupan di sosial media.

Pentingnya menetapkan standar dalam menjalin hubungan

Saling menghormati dan menghargai perasaan satu sama lain

Saling menghormati dan memahami adalah bagian terpenting dalam menjalin hubungan yang sehat dan untuk keberhasilan hubungan jangka panjang. Jika ada rasa saling menghormati, tentu pasanganmu akan merasa dihargai. kurangnya rasa menghargai akan membuatmu kecewa karena tidak sesuai dengan standar ekspetasi dalam menjalin hubungan. Maka dari itu, pentingnya menjalin komunikasi yang efektif untuk mengekspresikan diri dan menerima pendapat pasangannya secara terbuka. 

Kebohongan adalah awal dari perpecahan

Bersikap jujur dan tidak menutupi kebohongan

Kunci untuk hubungan yang harmonis adalah kepercayaan. Setiap orang pasti sering melakukan kebohongan dan memiliki alasannya masing masing. Umumnya, seseorang berkata bohong karena mereka enggan atau takut bahwa akan membuat keadaan menjadi buruk. Namun, patut dicurigai jika pasanganmu terus-menerus tidak jujur dan menutupi banyak hal. Kebohongan yang dilakukan pasangan artinya bahwa pasanganmu tidak lagi peduli dan hanya memikirkan diri sendiri. Maka dari itu, pentingnya bersikap terbuka dan jujur pada pasangan untuk membicarakan hal-hal yang  perlu disepakati dalam hubungan. 

Perasaan aman, diterima, dan kasih sayang

Rasa kasih sayang dan merasa diterima oleh pasangan adalah komponen kebutuhan emosional dasar yang harus dimiliki dalam semua hubungan. Dengan adanya rasa penerimaan ini, dapat menciptakan rasa saling memiliki dan membutuhkan. Oleh karena itu, hubungan yang sehat harus didasarkan pada pemuasan kebutuhan emosional dasar yang mengarah pada perasaan tenang, aman, dan tulus. Sebaliknya, jika tidak terpenuhi maka akan merasa sedih, sakit hati, atau tidak aman bahkan menuju sifat abusive. Dapat ditanamkan dengan prinsip ‘saya merasa aman dengan orang ini dan saya bahagia jika bersamanya’.

Privasi adalah kunci

Tidak mengekang dan memberikan ruang privasi

Meski sedang menjalin hubungan, setiap orang membutuhkan privasi atau ruang untuk dirinya sendiri. Memberi ruang dalam sebuah hubungan sangatlah penting. Terus-menerus menahan pasangan dan tidak memberi mereka ruang akan berdampak negatif pada hubungan. Berikanlah pasanganmu kebebasan untuk melakukan hal positif yang mereka sukai. Selain itu pula, berikan kebebasan untuk menghabiskan waktu sendiri atau bersama teman selama masih dalam batas waktu normal dan tidak melewati batas. Maka dari itu, penting halnya untuk dapat mengomunikasikan privasi seperti apa yang diinginkan dalam hubungan cinta.

Intinya, dalam suatu hubungan penting untuk memiliki standar yang wajib dikomunikasikan dengan pasanganmu. Harus diingat bahwa dalam memutuskan sesuatu tetap harus memperhatikan diri sendiri, apakah sesuai dengan apa yang diingankan, dan jangan pula membuat standar yang melebihi kapasitasmu ya, sahabat Fimela!.

 

Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading