Sukses

Relationship

Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Love Language Words of Affirmation

Fimela.com, Jakarta Dalam hubungan percintaan, komunikasi menjadi kunci utama untuk membangun kedekatan dan kepercayaan. Komunikasi yang baik dapat mempererat hubungan, membuat hubungan lebih dekat, memperkuat rasa saling percaya, serta meningkatkan rasa saling memahami satu sama lain.

Menurut buku karya Gary Chapman (2015), setiap orang juga memiliki cara unik untuk mengekspresikan cinta dan menerima cinta dari pasangannya. Bentuk ekspresi cinta ini dikategorikan menjadi The Five Love Languages.

The Five Love Languages adalah lima bahasa cinta yaitu kata-kata penghargaan (words of affirmation), sentuhan fisik (physical touch), pemberian hadiah (receiving gifts), waktu bersama (quality time), dan tindakan memperlakukan pasangannya pada hal-hal yang disukai (acts of service). Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bahasa cinta words of affirmation dan cara menerapkannya dalam hubungan percintaan.

Apa itu Love Language Words of Affirmation?

Dilansir dari The Science of People, love language Words of Affirmation merupakan bahasa cinta yang menggunakan kata-kata pujian, penghargaan, dan kata-kata positif untuk mengekspresikan cinta dan kasih sayang. Dalam hubungan percintaan, pasangan yang memiliki love language ini membutuhkan dukungan dan pengakuan dari pasangan mereka untuk merasa dicintai dan dihargai.

Berikut ini kata-kata sederhana yang bisa kamu ucapkan kepada pasanganmu untuk menunjukkan cinta melalui words of affirmation:

1. Berikan pujian dan apresiasi kepada pasangan

Memberikan pujian dan apresiasi kepada pasangan adalah cara yang sederhana tetapi sangat efektif untuk menunjukkan cinta melalui words of affirmation. Cobalah untuk mengungkapkan kekagumanmu ketika pasangan melakukan sesuatu yang baik atau berhasil dalam sesuatu.

 

Cara mengungkapkan cinta dengan Love Language Words of Affirmation

 

2. Gunakan kata-kata penyemangat

Menggunakan kata-kata penyemangat dapat dilakukan seperti "aku bangga denganmu" atau "aku tahu kamu bisa melakukannya". Hal tersebut dapat memberikan motivasi dan kepercayaan diri pasanganmu loh. Cobalah untuk menggunakan kata-kata semacam itu sesering mungkin.

3. Hindari kritik yang tidak perlu

Mengkritik atau menghakimi pasangan dapat merusak hubungan. Hal ini dikarenakan pasangan akan merasa tidak dihargai. Jika kmu harus memberikan kritik kepada pasanganmu, lakukanlah dengan cara yang konstruktif dan berbicara dengan baik-baik. Cobalah untuk menghindari kritik yang tidak perlu dan fokus pada hal-hal positif dalam hubunganmu.

4. Gunakan kata-kata mesra

Kata-kata mesra seperti "aku mencintaimu" atau "kamu selalu ada di dalam pikiranku" dapat membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai. Gunakan kata-kata mesra ini sesering mungkin ketika kamu sedang berbicara dengan pasangan.

5. Berikan dukungan pada saat-saat yang sulit

Dukungan atau kata-kata penyemangat sangat berarti ketika pasanganmu sedang mengalami kesulitan. Berbicaralah dengan lembut dan dengarkanlah pasanganmu ketika ia sedang berbicara.

Manfaat menggunakan Words of Affirmation dalam hubungan

Menggunakan words of affirmation dalam hubungan memiliki banyak manfaat positif, diantara lain:

1. Membangun kedekatan yang lebih dalam

Menggunakan kata-kata pujian dan penghargaan kepada pasangan akan membuatnya merasa dicintai dan dihargai . Hal ini tentunya akan membuat hubungan terasa lebih bahagia dan lebih dekat.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Berawal dari kata-kata pujian, dapat meningkatkan rasa percaya diri pasanganmu loh. Mereka akan merasa dihargai dan diakui atas kualitas dan prestasi yang dimilikinya sehingga rasa percaya diri mereka pun meningkat.

3. Meningkatkan komunikasi yang positif

Dengan menggunakan words of affirmation, kamu berhasil memperkuat komunikasi positif dalam hubungan. Pasanganmu akan lebih terbuka untuk berbicara tentang perasaan mereka dan lebih mudah untuk mengatasi masalah dengan cara yang konstruktif.

4. Mengurangi konflik dalam hubungan

Ketika pasanganmu merasa dicintai dan dihargai, mereka akan cenderung lebih memahami perbedaan pendapat dan kalian akan dengan mudah menyelesaikan masalah dalam hubungan. Hal ini dapat mengurangi konflik dalam hubungan dan meningkatkan keharmonisan hubungan.

Demikian tips dan manfaat menerapkan love language words of affirmation dalam hubungan. Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat membangun hubungan yang lebih sehat dan bahagia bersama pasanganmu.

 

*Penulis: Amelia Septika

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading