Sukses

Relationship

5 Cara agar Tidak Gampang Dibutakan Cinta

Fimela.com, Jakarta Saat sedang jatuh cinta, segalanya bisa terasa dan tampak berbeda. Hal-hal yang sebelumnya tak pernah kamu coba mulai kamu lakukan dengan sukarela. Bahkan kamu bisa berubah menjadi seseorang yang bukan dirimu demi orang yang kamu cintai. Sampai-sampai kamu terjebak di dalam cinta buta dan kamu sendiri tak menyadarinya.

Ketika sudah terjebak dalam cinta buta, akan sulit untuk berpikir lebih jernih. Kamu pun bisa tak sadar telah kehilangan kebahagiaan bahkan kehidupanmu sendiri. Agar tidak terjebak cinta buta atau dibutakan cinta, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan.

 

 

1. Saat Mencintai Seseorang, Secukupnya Saja

Jatuh cinta bisa menghadirkan perasaan senang. Mengutip buku How to Love, ketika cinta memenuhi diri kita, otak akan mengaktifkan sistem dopamin yang menghasilkan perasaan senang dan pereda nyeri alami. Kadang saat sudah jatuh cinta, kamu rela melakukan apa pun untuk orang yang kamu cintai karena kamu dipenuhi oleh perasaan senang atau bahagia. Di sini kamu tetap perlu berusaha melakukan segala sesuatunya dalam batas cukup. Mencintai seseorang pun tak perlu berlebihan agar kamu bisa tetap berpikir jernih dan tak gampang dibuai perasaan yang membuat kehilangan kendali diri.

 

 

2. Sayangi Diri Sendiri dengan Penuh Kesadaran

Orang pertama yang perlu kamu cintai dalam sebuah hubungan adalah dirimu sendiri. Bukan berarti kamu jadi egois atau narsis. Hanya saja kamu perlu menyadari bahwa dirimu pantas dicintai. Mengutip buku How to Respect Myself, "tahu bahwa diri pantas dicintai" adalah konstruksi dasar agar cinta dapat terus berjalan. Supaya bisa merangkai dan membangun hubungan cinta yang sehat, kamu perlu menghadirkan konstruksi dasar ini dengan baik.

 

 

3. Persiapkan Diri Menghadapi Ketidaksempurnaan

Salah satu hal yang bisa membuat kita dibutakan cinta adalah karena kita menuntut segalanya serba sempurna sehingga kita rela melakukan apa pun atas nama cinta. Mengutip buku Mengheningkan Cinta, "Cinta bukan perihal kesempurnaan masa depan." Kadang kala ada hal-hal tak nyaman yang terjadi dalam sebuah hubungan, dan kamu perlu mempersiapkan diri untuk itu.

 

 

4. Tetaplah Menjadi Diri Sendiri

Mencintai seseorang tak perlu sampai membuat kita kehilangan identitas atau jati diri kita sendiri. Kalau sebuah hubungan malah merenggut kenyamanan dan kebahagiaanmu sendiri, ada baiknya mengevaluasi ulang hubungan yang ada. Jangan sampai kamu berubah menjadi seseorang yang bukan dirimu atas nama cinta yang bahkan tak sepenuhnya bisa kamu rasakan sepenuhnya.

 

 

5. Kenali Batasan-Batasan Aman Untukmu

Apa pun bentuk kekerasan baik verbal maupun nonverbal tak perlu ditoleransi dalam hubungan. Kenali batasan mana yang baik, masih bisa diperbaiki, dan yang benar-benar buruk. Kenali dan tetapkan batasan-batasan aman untuk dirimu dan hubungan yang kamu jalin. Sehingga ketika kamu berada di ambang hubungan yang sudah tidak sehat, kamu bisa segera mengambil jalan keluar terbaiknya.

Semoga kita semua bisa menjalin hubungan yang sehat dengan seseorang yang tepat, ya. Serta, semoga bisa terhindar dari cinta yang buta dan cinta yang merusak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading