Sukses

Relationship

Menciptakan Hubungan yang Harmonis Dengan Menerapkan 5 Love Language

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menunjukan rasa sayang kepada orang dicintainya. Cara-cara tersebut disebut dengan Love language.

Love language menggambarkan bagaimana seseorang menerima dan meengekspresikan cintanya ke dalam suatu hubungan. Dengan memahami seperti apa tipe love language yang dimiliki, membantu meningkatkan komunikasi dan memperkuat hubungan cinta.

Kegagalan dalam suatu hubungan cinta biasa disebabkan karena kurangnya komunikasi antar pasangan. Dibutuhkannya pemahaman love language yang mendalam tentang apa yang mereka butuhkan satu sama lain.

Love language berfungsi sebagai petunjuk atau panduan efektif untuk mengarahkan kebutuhan emosional diri sendiri dan pasangan. Simak uraian lima love language yang dapat diterapkan kepada pasanganmu. 

1. Giving and Receiving Gift

Seseorang yang suka memberi hadiah kepada pasangannya berarti ia menunjukkan kasih sayang mealui hadiah. Tidak hanya ia meluangkan waktu dan usaha untuk menemukan hadiah yang sempurna, tetapi juga menghargai semua upaya dan waktu yang diberikan oleh pemberi hadiah.

Sekecil apapun pemberian hadiah, akan berdampak besar karena membuat orang tersebut menghargai bagaimana ia mengingat setiap hadiah kecil yang diterima dari seseorang yang dicintainya.

2. Act of Service

Act of Service atau tindakan lebih berarti daripada kata-kata manis. Bentuk kasih sayang yang ditunjukan dengan tindakan atau gerakan pada hal-hal yang disukai pasangannya. Memasak makanan spesial, membantu menyelesaikan tugas, dan mengantar ke suatu tempat, tindakan-tindakan tersebut dapat memperkuat kualitas hubungan cinta karena mereka merasa dicintai. 

3. Words of Affirmation

Words of Affrimation adalah mengekspresikan dan menerima bentuk cinta melalui kata-kata pujian, manis, dukungan, atau kata-kata verbal lainnya. Kata-kata tersebut menunjukan betapa sayang pasanganmu dan menghargaimu. Terkadang memang terdengar klise, namun membuatmu yakin dengan perasaan pasanganmu.

4. Quality time

Quality time atau bentuk kasih sayang dengan menghabiskan waktu bersama orang terkasihmu. Setiap pasangan butuh untuk meluangkan waktunya berdua dengan bercengkrama bersama, berlibur bersama, dan makan malam bersama. Buatlah rencana untuk menghabiskan waktu bersama pasanganmu, dengan ini ia akan merasa diprioritaskan dan diberikan perhatian penuh.

5. Physical Touch

Physical touch atau kontak fisik adalah bentuk love language yang menunjukan kasih sayang dengan cara sentuhan fisik. Bisa dengan yang paling mudah seperti mengelus pipi, mengaitkan kontak mata, dan berpelukan.

Kenapa begitu penting

Mengetahui love language sendiri dan pasangan sangat berdampak dalam memelihara hubungan. Gary Chapman, seorang konselor pernikahan dan penulis mengatakan bahwa love language mampu mengungkapkan bagaimana seseorang menerima cinta dengan cara yang unik dan membuatnya merasa dicintai. Bagi banyak orang, dengan memahami love language bisa meningkatkan rasa sayang dan menjadikan hubungan harmonis dengan saling memahami satu sama lain.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading