Sukses

Relationship

7 Cara Bikin Pasangan Selingkuh Merasa Bersalah dan Menyesalinya

Fimela.com, Jakarta Pacar berselingkuh tahu apa yang dilakukannya salah, namun ada cara-cara tertentu yang ampuh untuk membuat mereka menyesalinya. Yang terpenting, kita membuat pernyataan, bahwa dia telah menyakiti kita dengan cara yang tidak baik dan tidak pantas. 

Psikolog Klinis Davaleena Ghosh memberikan kita panduan untuk membuat pasangan merasa tidak enak atas perselingkuhan yang dilakukan. Ia membuat daftar hal-hal yang dapat kita katakan atau lakukan untuk membuatnya mengerti bahwa ia menyakiti kita. 

Berikut panduan membuat pacar yang selingkuh merasa tidak enak. Dan membuat mereka menyesal atas apa yang telah dilakukan, meski bersikukuh tidak mengakuinya, melansir dari bonobology;

1. Tunjukkan rasa kecewa padanya

Sampaikan padanya bahwa perasaan diduakan bukan satu-satunya masalah. Masalah yang lebih besar adalah, dia tidak menghargai komitmen dan hubungan yang sudah dijalani.

“Aku mengharapkan yang lebih baik dari kamu. Tindakam kamu sangat mengecewakan,” ujar Davaleena menirukan.

Atau lebih dalam lagi, katakanlah jika dia telah menyakiti kita. Dan kita merasa sakit hati atau merasa ditinggalkan dan tidak penting dalam hubungan tersebut.

 

2. Tak membiarkan dia melihat sisi lemah kita

 

Mengatakan bahwa hal yang dilakukannya menyakiti kita, berbeda dengan membiarkannya melihat kita di titik terlemah. Jangan biarkan dia melihatnya, cobalah lepaskan kekacauan dan kekalutan pada teman atau ibu kita.

Saat menahan diri di depannya, kedewasaan kita jelas menonjol dan menjadi bagian penting yang akan dirindukan olehnya. Semakin anggun di depan pasangan, semakin dia merasa buruk akan han yang sudah dilakukan dan ingin memberbaiki keadaan.

 

3. Jangan mengalah atau mengatakan “Saya mengerti.”

Dia akan meminta maaf sebesar-besarnya saat kita berhadapan dengannya. Dan mengemukakan sejuta alasan mengapa dia berkencan dengan orang lain.

Namun sandiwara itu tak bertahan lama. Sebab seberapa banyak dia mencintai kita, keadaan tak akan pernah lagi sama, karena kita yakin dia tidak menghargai kita 

Namun, jika kamu ingin memaafkannya, cobalah sampai dia membuktikan beberapa bulan ke depan. Selama itu, tetaplah kuat dan jangan mau berkompromi apalagi langsung memaafkan.

 

 

4. Jangan selalu bahas orang ketiga

Berhenti membahas tentang orang ketiga, namun lebih fokus pada apa yang dilakukan pasangan. Tentu berat mendengar dan membayangkan nama orang ketiga tersebut.

Tapi, menunjukkan kemarahan pada orang ketiga tak ada gunanya. Semakin terpaku pada orang lain, semakin buruk perasaan kita.

5. Jangan kehilangan ketenangan selama percakapan 

Untuk menghadapi pacar yang berbohong dan berselingkuh, kita harus tetap bersikap tenang. Semakin kita marah, maka hal-hal lebih buruk akan terjadi.

Jadi, cobalah untuk memadamkan api yang berkobar besar dalam diri kita. Dan ungkapkan perasaan kita dengan kata-kata yang jelas, dan cobalah untuk tidak mengatakan hal-hal yang menyakitkan.

6. Buat dia berada dalam ‘sepatu’ kita

Gunakan kata-kata seperti “Kamu membuatku merasa” atau “Aku merasa” atau “Itu memengaruhiku”. Dan jagalah percakapan tetap stabil dan sehat.

Namun, selain itu, kita juga harus berbicara dengan cara yang membalikkan peran dan menempatkannya di posisi kita. “Bayangkan, jika aku melakukan apa yang kamu lakukan…”

Nyatakan dengan tegas dan buat dia melihat sudut pandang kita. Ini akan membantunya memahami penderitaan yang ditimbulkan oleh perselingkuhan pada pasangan yang selama ini saling mendukung dan mencintai satu sama lain.

7. Fokus pada healing diri sendiri

Cara membuat pacar yang selingkuh merasa tidak enak, bukan hanya tentang hal-hal yang bisa kita katakan padanya. Ini juga tentang cara kita membuatnya merasa 

Tetap jalani hidup terbaik kita, pergi ke retret yoga, atau melakukan hal yang ingin dilakukan tapi belum kesampaian. Beri tahu pada pasangan bahwa kita ingin menghilangkan pikiran negatif, dan ingin berkembang sebagai pribadi secara emosional dan berfokus pada self-love.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading