Sukses

Relationship

6 Cara Terbaik untuk Meminta Maaf kepada Pacar

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang melakukan kesalahan merupakan salah satu perbuatan menusiawi, akan tetapi jika kamu mengabaikan hal tersebut dapat merusak hubungan entah dengan siapapun termasuk pasangan. Jika kamu melakukan kesalah maka hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta maaf dan bertanggung jawab.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga sebuah hubungan tetap berjalan dengan baik adalah mengakui kesalahan yang telah diperbuat dan mengakui kesalahannya. Terkadang permintaan maaf yang sungguh-sungguh akan menenangkan hati seorang pasangan bukan? Ungkapkan hal ini dengan penyesalan yang kamu perbuat.

Sangat wajar jika berada di suatu hubungan melakukan kesalahan yang disengaja maupun tidak. Jika kamu kesulitan untuk memintaa maaf kepada pasangan maka ada beberapa cara meminta maaf dengan tulus kepada pasangan, seperti dibawah ini:

1. Berikan Sedikit Ruang untuk Pasangan

Jika kamu melakukan kesalahan pada pasangan maka berikan dia ruang untuk tidak berhubungan denganmu terlebih dahulu, terkadang akan ada perasaan yang membuatnya tidak nyaman saat didekatmu. Jika dia sudah siap untuk didekati atau berbicara denganmu maka berikan waktu tersebut.

2. Berikan Kejelasan Alasan Meminta Maaf

Ada baiknya untuk memberikan secara detail serta menunjukkan kepada pacar alasanmu meminta maaf dan apa kesalahan yang telah kamu perbuat kepadanya. Setelah mendekatinya pastikan bahwa kamu menceritakan dengan detail dan jelas kepadanya, jangan pernah menyalahkan pada situasi seperti ini yang akhirnya akan memperburuk keadaan.

3. Minta Maaf dengan Tulus

Lalu minta maaflah dengan pasangan pada ketulusan, jangan minta maaf kepada pasangan jika kamu disuruh tetapi minta maaflah karena ingin. Ingatlah dan perhatikan nada suara saat meminta maaf kepada pasanganmu, hindari sindiran dan berikan kata tulus serta ikhlas.

4. Menjelaskan Apa yang Terjadi

Mungkin kamu akan memberikan kejelasan saat meminta maaf, tapi kamu juga perlu menjelaskan kenapa kamu melakukan hal tersebut dan apa yang sebenarnya terjadi sehingga membuat dia marah. Ceritakan kepada pasangan apa yang sebenarnta terjadi dan mengapa kamu tidak sengaja melakukan kesalahan tersebut.

5. Bertanggung Jawa Atas Kesalah

Salah satu hal yang sering dilupakan saat meminta maaf adalah tanggung jawab, terkadang minta maaf saja tidak cukup tanpa adanya pertanggung jawaban dari seseorang yang membuat salah. Bertanggung jawab menjadi salah satu hal yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar serius untuk meminta maaf.

6. Validasi Perasaan Pacar

Cobalah untuk bersimpati dengan pasanganmu, saat meminta maaf dengarkan apa yang ingin dia katakan lalu hargailah ketika dia belum bisa menerima permintaan maafmu. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu menghargai perasaannya yang tengah terluka.

Meminta maaf kepada seseorang terkadang tidak menakutkan, tetapi persepsi kita yang membuat orang lain terlihat tidak ingin memafkan kesalahan kita. Cobalah lebih berani untuk meminta maaf dan bertanggung jawab dengan kesalah yang kamu lakukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading