Sukses

Relationship

Saling Berbagi Kekuatan Sesama Perempuan Saat Mengalami Dating Violence

Fimela.com, Jakarta Memperingati Hari Perempuan Internasional, Brand kecantikan lokal Rollover Reaction memberikan kekuatan dan ajakan untuk seluruh perempuan di dunia khususnya Indonesia ewat kampanye “Uncover Your Stories”. Kampanye ini ditujukan untuk membahas isu dating violence atau kekerasan pada hubungan percintaan. 

Rollover Reaction mengangkat isu tersebut karena jarang terdengar, padahal banyak dari perempuan Indonesia yang menjadi korban dalam pengalaman tersebut. Maka dari itu, setelah mendengar keresahan dari para perempuan di Indonesia, Rollover Reaction melalui kampanye ini turut membantu mereka untuk menghadapi kekerasan dalam hubungan, baik verbal ataupun fisik.

Tinanda Nabila, Co- Founder dari Rollover Reaction, mengatakan bahwa kampanye ini dimaksudkan untuk memberi kekuatan kepada para perempuan. Agar lebih berani untuk melawan dan speak up ketika menghadapi persoalan kekerasan dalam hubungan pacaran. 

Salah satunya adalah pemahaman tentang kontak fisik saat berhubungan. Berbagai kontak fisik seperti berpegangan tangan, merangkul, mengelus, berpelukan, seharusnya dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak dan saling menghormati satu sama lain.  

 

Hubungan kekerasan memberikan trauma

Sayangnya, hubungan fisik ini kerap disalahgunakan oleh pihak pria terhadap pasangan perempuannya. Hubungan yang seharusnya berlandaskan saling menghormati, jadi tindakan yang bisa menyakiti dan membahayakan.

Kekerasan fisik dalam berhubungan yang kerap didapatkan pasangan perempuan, di antaranya seperti menampar, memukul, mencekik, ataupun kekerasan verbal. Kekerasan yang dilakukan pria dalam hubungan akan memberikan efek jangka panjang kepada kesehatan mental, fisik, ataupun emosional pihak korban perempuan, bahkan sampai memberikan trauma bagi mereka.

"Hubungan yang sehat, pasti selalu merasa aman dan nyaman saat bersama dengan pasangan. Sedangkan jika selalu merasa takut, cemas, dan tertekan, ini artinya sedang berada di dalam toxic relationship. jelas Psikolog, Tara Adhisti saat menceritakan tanda-tanda kita sedang berada di dalam dating violence di acara Rollover Reaction, di Atsiri diSarinah.

Tanda-tanda lain kita ada dalam dating violence adalah tidak diberikan kebebasan dan merasa dikekang untuk melakukan aktivitas, seperti hanya boleh bermain dengannya, dilarang memiliki teman pria, atau harus selalu menuruti apa yang ia katakan. Bahkan, tidak sedikit perempuan sampai kehilangan value dirinya dan mempertanyakan "Apakah aku layak? Apakah aku lemah? Aku gak berhak dicintai?"

Berikan kekuatan melalui gelang persaudaraan

Maka dari itu, Rollover Reaction luncurkan kampanye ini untuk memberikan kekuatan bagi para perempuan, korban dari kekerasan dalam hubungan pacaran agar lebih berani untuk menentang hubungan ini. Ajakan juga untuk seluruh perempuan untuk melihat value diri mereka bahwa mereka berhak dicintai, dapat mengapresiasi diri, dan mengingatkan sesama perempuan untuk selalu mendukung satu sama lain. 

Dengan kampanye ini, Rollover Reaction berharap bagi perempuan yang menjadi korban dating violence merasa bahwa dirinya worthy, menjadi perempuan yang kuat, dan tidak merendahkan dirinya hanya karena pria yang tidak berhak atas kebahagiannya. Ditandai dengan gelang persaudaraan yang akan dijual secara terbatas bersama produk cushion PLUMP! Dari Rollover Reaction. Gelang ini tersedia secara offline di Atsiri diSarinah dan official store online melalui website dan marketplace. 

Bagi kamu yang ingin merasakan ikatan persaudaraan sesama perempuan, kunjungi exhibition art yang digelar oleh Rollover Reaction. Exhibition event ini ada mulai tanggal 17-23 Maret di Rumah Atsiri, Sarinah, Jakarta Pusat. Jangan lupa untuk memesan tiketnya secara gratis satu hari sebelum tanggal kunjungan, atau bisa membeli tiket langsung di lokasi.

Informasi selanjutnya ikuti akun media sosial @rollover.reaction di Instagram, TikTok dan Twitter.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading