Sukses

Relationship

5 Sikap yang Membantumu Tetap Tenang saat Dijauhi Seseorang

Fimela.com, Jakarta Dijauhi seseorang bisa terasa menyakitkan. Apalagi jika orang tersebut sebenarnya adalah sosok yang kita sukai, rasanya harga diri kita pun ikut terluka. Perasaan sedih, kecewa, kesal, hingga marah yang hadir pun merupakan perasaan yang valid, dan kita masih bisa berusaha untuk tetap tenang berada di situasi seperti itu.

Berikut ini ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk membantumu tetap tenang saat dijauhi orang. Dengan menyesuaikan sejumlah sikap, kita bisa berusaha untuk mendapatkan ketenangan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Sikap Menghargai Diri Sendiri

Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, "Kita hidup dengan berbagai macam keinginan dan hubungan. Manusia hanya mencoba menyesuaikan diri dengan harapan orang lain, atau tuntutan kondisi eksternal, tetapi manusia seharusnya lebih baik dari itu." Ketika dijauhi seseorang, tak perlu merasa minder berlebihan. Cobalah untuk lebih menghargai diri sendiri. Hargai semua upaya terbaik yang sudah kamu coba lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan orang tersebut.

 

 

2. Sikap Memaafkan

Cobalah untuk memaafkan dia yang menjauhimu. Tak perlu menyimpan dendam atau membalas perbuatannya. Melansir laman stanfordmag.org, Luskin, pendiri Stanford University Forgiveness Projects dan penulis Forgive for Good, mengungkapkan bahwa dalam istilah yang paling elemental, memaafkan adalah melepaskan perasaan buruk atau hasrat balas dendam setelah kita terluka. "Kita melepaskan kegetiran batin, kebencian, dan rasa mengasihani diri sendiri karena pengalaman yang terjadi di masa lalu," paparnya. Dengan memaafkan, hatimu bisa kembali tenang lagi.

 

 

3. Sikap Berlapang Dada

Ini juga masih berkaitan dengan sikap memaafkan. Ketika memaafkan masih terlalu sulit untuk dilakukan, coba untuk melapangkan dadamu. Luaskan ruang di hatimu. Tak perlu merasa tersinggung dengan sikap seseorang yang menjauhimu. Bisa jadi memang kamu dan dia memang sebaiknya tak terlalu dekat karena ada perbedaan yang cukup sulit dijembatani.

 

 

4. Sikap Rendah Hati

Ada saatnya kamu juga perlu mengevaluasi diri sendiri. Mungkin seseorang menjauhimu karena ada sikapmu yang telah melukai hati dan perasaannya. Di sini, kamu bisa lebih rendah hati untuk mengoreksi diri. Setidaknya pengalaman yang bisa membantumu menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi.

 

 

5. Sikap Berdamai dengan Keadaan

Mungkin ada keadaan yang belum kamu pahami yang membuat seseorang menjauhimu. Mungkin ada hal yang memang belum perlu untuk kamu ketahui di balik alasan seseorang menjauhimu. Di tengah semua ketidaktahuan tersebut, cobalah untuk berdamai dengan keadaan. Terima saja realitas yang ada saat ini. Agar dengan demikian, kamu bisa lebih fokus melangkah ke depan.

Semoga hatimu bisa tetap tenang dan jiwamu tetap kuat, ya. Dijauhi seseorang memang menyakitkan, tetapi itu bukan berarti keberadaanmu tak berharga di dunia ini.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading