Sukses

Relationship

5 Cara agar Pria Bisa Lebih Mudah Memahami Perasaanmu

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan, umumnya kita ingin agar pasangan bisa lebih mengerti dan memahami perasaan kita. Hanya saja sebelum menuntut untuk minta dipahami, cobalah bertanya pada diri sendiri apakah kita sudah berusaha membantunya memahami kita. Kita tak bisa menuntut seseorang untuk menjadi cenayang dan membaca pikiran kita. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan sejumlah upaya yang memudahkan seseorang untuk memahami kita.

Berikut ini ada lima cara yang bisa dicoba agar pria bisa lebih mudah memahamimu. Bisa dimulai dari sesuatu yang sebenarnya cukup sederhana. Selengkapnya simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Lebih Tegas Menyampaikan Keinginan

Mengutip buku Merawat Luka Batin, hal pertama yang perlu dilakukan bila ingin bisa dipahami adalah berlatih bicara dengan asertif. Cobalah untuk berani lebih tegas dalam berbicara atau menyampaikan keinginan. Tak perlu memaksa orang lain untuk membaca isi pikiranmu sebelum kamu memberitahunya keinginanmu yang sebenarnya. Kendalikan egomu untuk menciptakan komunikasi yang lebih baik.

 

 

2. Sampaikan bila Ingin Didengarkan

Mengutip buku Men Are from Mars and Women Are from Venus, "Kalau wanita berbicara mengenai kesulitan-kesulitan, kaum pria biasanya menolalk. Pria menganggap si wanita membicarakan kesulitan-kesulitannya karena ia menganggap pria itu sebagai pihak yang bertanggung jawab. Semakin banyak kesulitannya, semakin pria itu merasa disalahkan. Pria tidak menyadari bahwa wanita berbicara untuk merasa lebih baik. Pria tidak tahu bahwa wanita akan menghargai bila pria mau mendengarkan." Tidak semua pria paham bahwa perempuan sebenarnya hanya ingin didengar ketika curhat. Di sini kamu bisa lebih dulu menyampaikan keinginanmu untuk minta didengar pada pasangan sebelum membuatnya merasa makin terbebani.

 

 

3. Utamakan Klarifikasi sebelum Menuduh

Sebaiknya jangan buru-buru menuduh sesuatu sebelum mengklarifikasinya. Jika ingin dipahami oleh seseorang, kamu juga perlu bersabar dalam membangun rasa saling percaya. Sebelum menuntut dipahami, cobalah untuk memahami bahwa pria juga kadang butuh waktu untuk memberi penjelasan dan pengertian.

 

 

4. Sampaikan Apa yang Suka dan Tidak Disuka

Bisa luangkan waktu khusus untuk bicara dari hati ke hati. Bisa saling menyampaikan hal-hal yang disukai dan tidak disukai. Bahkan sesuatu yang kecil bisa memicu masalah besar kalau tidak dibicarakan dari awal. Apalagi kalau sedang menjalin sebuah hubungan asmara, ada baiknya untuk bisa lebih terbuka soal hal-hal yang disukai dan tidak disukai.

 

 

5. Menata Ekspektasi Diri

Kesalahpahamanan bakal masih bisa terjadi dalam komunikasi. Perbedaan pendapat dan sudut pandang juga bisa terjadi. Hal-hal semacam ini memang perlu diantisipasi agar tidak gampang kecewa atau sakit hati. Ada kalanya perlu menata ekspektasi diri supaya bisa lebih mudah menjalin komunikasi yang lebih baik.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk membuat seseorang untuk lebih mudah memahamimu. Semoga tips-tipsnya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading