Sukses

Relationship

4 Rekomendasi Batik yang Cocok Untuk Acara Lamaran

Fimela.com, Jakarta Menikah merupakan salah satu fase hidup yang penting bahkan dianggap sakral. Salah satu alasan mengapa menikah merupakan fase yang dianggap sakral adalah karena menikah yang dianggap baik adalah menikah yang hanya dilaksanakan sekali saja selama seumur hidup.

Sebelum menikah, ada satu fase yang harus dilewati terlebih dahulu yang tidak kalah pentingnya. Fase itu adalah fase lamaran atau biasa disebut juga dengan istilah tunangan.

Sama seperti menikah, lamaran juga dianggap sakral. Hal ini dikarenakan lamaran adalah proses bertemunya dua keluarga yang sebentar lagi akan menyatu menjadi satu keluarga. Karena kesakralannya inilah, proses lamaran tidak boleh keliru sedikitpun. Tidak hanya acaranya, namun hal-hal yang ada di dalamnya seperti dekorasi, katering hingga pakaian yang digunakan oleh kamu dan pasanganmu pun tidak boleh keliru.

Pakaian yang digunakan dalam acara lamaran biasanya adalah batik. Namun kamu mungkin masih bingung menentukan motif batik seperti apa yang harus dikenakan, atau bagaimana batik tersebut dikenakan. Kamu tidak perlu bingung, berikut rekomendasi batik yang bisa kamu gunakan di acara lamaranmu.

1. Motif Batik Tulis

Hal yang pertama harus kamu lakukan ketika memilih pakaian untuk lamaran adalah tentukan terlebih dahulu motifnya. Motif batik ada bermacam-macam, salah satunya adalah motif batik tulis. Motif batik tulis adalah batik yang cara pembuatan motifnya dengan menuliskan malam pada kain batik. Motif batik yang satu ini biasanya sangat terbatas jumlahnya. Sehingga cocok untuk pilihan pakaian lamaran karena motif tersebut hanya dimiliki oleh kamu dan pasanganmu saja. Terdengar romantis, kan?

Namun sayangnya harga batik tulis cukup mahal. Hal ini wajar saja mengingat pembuatannya masih menggunakan tangan dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

2. Motif Batik Cap

Kalau harga batik tulis tidak sesuai dengan budgetmu, maka kamu bisa pilih motif batik lainnya. Misalnya motif batik cap. Harga dari batik cap jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan batik tulis.

Namun karena pembuatannya cukup mudah, hanya dengan mengecap motifnya pada kain batik, maka batik yang kamu gunakan mungkin saja akan mirip dengan motif batik yang dimiliki oleh orang lain. Hal ini wajar mengingat jumlah batik motif cap jumlahnya lebih banyak karena pembuatannya yang lebih mudah dibandingkan batik tulis.

3. Gunakan Sebagai Rok Lilit

Setelah mengetahui motifnya, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan cara pakai batik tersebut. Cara yang pertama adalah menggunakannya sebagai rok lilit. Cara ini merupakan cara yang paling diminati karena kemudahan dan kepraktisannya. Kalau kamu tidak bisa melilitnya sendiri, kamu bisa membeli rok lilit instan yang biasa dijual di berbagai toko batik.

Untuk atasannya, kamu bisa gunakan kebaya. Atau jika kamu tidak ingin menggunakan kebaya, pilihan lainnya adalah menggunakan blouse polos dengan warna yang menyesuaikan motif batik yang kamu gunakan.

4. Jadikan Selendang

Kamu boleh kok mengenakan pakaian yang tidak sama persis dengan pasanganmu di acara lamaran. Misalnya kamu mau menggunakan baju terusan atau dress yang tidak memiliki motif batik di dalamnya. Namun usahakan kamu menggunakan dress polos atau dengan sedikit motif. Warna dress yang kamu gunakan pun sebisa mungkin yang mirip dengan motif batik yang dikenakan oleh pasanganmu agar tetap terlihat serasi satu sama lain.

Biar tambah serasi, kamu bisa jadikan batik yang digunakan pasanganmu sebagai selendang. Tambah cantik, bukan?

Itulah beberapa rekomendasi batik untuk lamaran yang bisa kamu ikuti. Kamu mau pakai yang mana nih, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading