Sukses

Relationship

6 Rincian Biaya Nikah yang Harus Dipersiapkan

Fimela.com, Jakarta Menentukan pernikahan memang cukup rumit, banyak hal yang harus dipersiapkan agar tidak mengularkan banyak budget yang memang tidak penting. Tentu semua orang memiliki impian pernikah sendiri bukan? Tapi siapa sangka terkadang memimpikan pernikahan yang didambakan membutuhkan banyak budget lho.

Seringkali banyak pasangan yang harus menghutang atau mencicil, inilah yang membuat banyak masalah setelah pernikahan. Padahal jika kamu menentukan budget terlebih dahulu sebelum menentukan dekorasi pernikahan, akan membuat banyak hal yang dipertimbangkan dengan bijak lho.

Jangan sampai tidak mempertimbangkan banyak hal sebelum pernikahan, terutama pada pesta pernikahan. Apasih yang seringkali menjadi permasalahan saat menentukan pernikahan? Ada baiknya kamu dan pasanganmu menentukan banyak hal sebelum pernikahan, seperti biaya pernikahan. Ini dia cara menentukan biaya pernikahan agar tidak boncos:

1. Biaya Administrasi Pendaftaran dan KUA

Salah satu hal yang harus kamu persiapkan untuk pernikahan adalag melakukan pendaftaran administradi di KUA, untuk biaya menikah di KUA sendiri gratis. Akan tetapi, ada biaya administrasinya yang harus dipersiapkan. Selain itu biaya satu ini juga belum termasuk penghulu, biasanya biaya satu ini dibayarkan secara sukarela.

2. Sewa Gedung

Menikah biasanya dilakukan di dalam gedung maupun di rumah, tetapi gedung menjadi salah satu optional jika kamu memiliki budget yang lebih. Pasalnya biaya sewa gedung sendiri lumayan memakan biaya, ada baiknya untuk survey terlebih dahulu sebelum menentukan gedung untuk pernikahan. Pastikan bahwa kamu sudah survey ke beberapa gedung dalam 6 bluan sebelum pernikahan.

3. Undangan dan Souvernir

Untuk undangan mungkin sekarang sudah tidak menggunakan undangan cetak, di era yang serba digital ini mungkin undangan lebih mudah jika diberikan secara digital selain itu juga akan mengurangi pengeluaran. Akan tetapi, untuk souvenir pilihlah yang sesuai dengan budget karena membutuhkan banyak souvenir.

4. Biaya Catering dan Dekorasi

Pada biaya satu ini mungkin akan mengeluarkan banyak budget setelah sewa gedung. Catering dan dekorasi menjadi salah satu komponen dalam pernikahan, biaya satu ini sendiri tidaklah murah. Apalagi jika kamu mengundang lebih dari 100 orang tentu membutuhkan banyak makanan bukan?

5. MUA dan Gaun Pengantin

Siapa yang tak menyangkan bahwa biaya satu ini juga membutuhkan banyak pengeluaran? Bagi calon pengantin perempuan tentu menginginkan MUA yang terbaik dengan gaun yang bagus bukan? Ini juga akan membuat dia berpikir menjadi ratu dalam sehari dengan riasan dan gaun yang mempercantik dirinya.

6. Dokumentasi

Setiap pasangan tentu menginginkan dokumentasi di hari pernikahannya bukan? Banyak sekali vendor yang sudah memeberikan MUA sekaligus dengan dokumentasi. Pilihlah dokumentasi dengan harga yang terjangkau serta dapat mengabadikan momen dengan indah.

Pernikahan harus dipersiapkan secara matang, agar tidak mengeluarkan biaya yang memang tidak perlu atau seharusnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading