Sukses

Relationship

5 Sikap Tenang agar Sakit Hati Cepat Hilang

Fimela.com, Jakarta Saat hati terluka, kamu pasti butuh waktu sendiri untuk menyembuhkannya. Kamu butuh proses sendiri agar sakit hati cepat hilang. Apalagi bila orang yang melukaimu adalah orang yang paling dekat dalam hidupmu, pastinya ada perasaan campur aduk yang hadir.

Bagi kamu yang sedang berjuang untuk menyembuhkan sakit hati dan pulih dari luka hati, ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba. Bisa dimulai dari menerapkan sejumlah sikap tenang dalam menghadapinya, seperti sikap-sikap berikut ini.

 

 

 

 

1. Menerima Rasa Sakit yang Hadir

Tak perlu menolak atau membenci kehadiran rasa sakit itu. Cobalah untuk menerima kehadirannya dengan lebih berlapang dada. Terima saja dulu agar dengan demikian kamu bisa lebih mudah menavigasi perasaanmu. Selain itu dengan menerima kehadiran rasa sakit yang ada, kamu pun bisa lebih mudah mempersilakannya untuk perlahan mengalir dari hatimu.

 

 

2. Memaafkan Keadaan

Rasa sakit hati yang kamu rasakan nyata, dan ini tak perlu sampai membuatmu menyalahkan keadaan. Cobalah untuk fokus memaafkan keadaan. Maafkan dirimu sendiri juga orang yang telah melukaimu. Maafkan juga keadaan yang membuatmu mendapatkan pengalaman menyakitkan tersebut. Dengan memaafkan, hatimu bisa lebih lapang dan memudahkanmu untuk bisa cepat sembuh dari patah hati.

 

 

3. Mengizinkan Diri Berproses

Untuk move on atau melanjutkan hidup setelah hati dilukai memang tidak mudah. Namun, bukan berarti kamu tak bisa memiliki harapan yang lebih baik. Izinkan dirimu untuk beproses. Berproses untuk perlahan meluruhkan rasa sakit hati yang dirasakan. Kalau memang butuh bantuan orang lain atau pihak profesional seperti psikiater dan psikolog, izinkan dirimu untuk mencari dan mendapatkan bantuan tersebut.

 

 

4. Memetik Pelajaran Penting dari Kejadian yang Ada

Cobalah untuk memperkuat pandangan yang lebih positif. Petik hikmah atau pelajaran penting dari kejadian atau pengalaman yang ada. Sakit hati yang kamu rasakan memang perih dan pahit, tetapi pasti ada hal yang bisa kamu pelajari atau ambil hikmahnya. Dengan begini, kamu bisa sekaligus berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana lagi.

 

 

5. Membuka Diri Mencoba Pengalaman Baru

Pengalaman menyakitkan itu sudah berada di masa lalu. Kini, buka dirimu untuk mencoba pengalaman baru. Coba hadirkan aktivitas atau kegiatan baru untuk dilakukan dalam hidupmu. Dengan begini, kamu akan kembali menyadari bahwa hidupmu masih tetap indah dan layak diperjuangkan kembali.

Semoga sakit hati yang kamu rasakan bisa cepat hilang. Semoga hatimu kini bisa lebih lapang dan makin kuat menjalani kehidupan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading