Sukses

Relationship

3 Ciri Gaslight yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Pasti Sahabat Fimela sudah tidak asing lagi dengan istilah gaslight. Rupanya, perilaku gaslight ini dapat diartikan sebagai salah satu tidak kekerasan yang menyerang psikis dan emosional sebagai target utamanya. Masalah satu ini mengandung bentuk-bentuk manipulasi, baik dalam kata-kata maupun perilaku yang suka memutarbalikkan fakta.

Dalam hubungan apapun, gaslight sering terjadi, namun masih banyak orang yang tidak menyadarinya. Lantas, apa saja ciri-ciri gaslight yang patut diketahui orang agar hubungan terjalin dengan sehat? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Memutarbalikkan Fakta

Apa Sahabat Fimela pernah terjebak dalam situasi dimana sedang berdebat atau mendiskusikan suatu masalah dengan pasangan, namun ia malah memutarbalikkan fakta seakan mereka lah korbannya? Jika pernah, kamu harus hati-hati, karena sikap tersebut adalah salah satu ciri periaku gaslight dari pasanganmu. Biasanya mereka akan bercerita ke orang-orang bahwa dia lah yang disakiti dan menjual cerita sedih agar orang percaya padanya.

Biasanya perilaku seperti ini terjadi ketika pasangan sebenarnya tahu bahwa dia yang salah, namun tidak ingin disalahkan sehingga melemparnya kepadamu.

2. Memanipulasi

Ciri selanjutnya yang menandakan dia sedang gaslight adalah ketika mereka bisa memanipulasi situasi. Situasi ini dapat terjadi ketika dia memanipulasi perasaanmu sehingga kamu merasa telah menyakitinya. Misalnya, saat kamu sedang bertengkar, namun dia malah terlalu menyalahkan dirinya sendiri, padahal kamu sedang tidak menyalahkannya, namun sedang mencoba mevgutarakan perasaanmu. 

Biasanya contoh kalimat manipulatif yang keluar adalah seperti, “yah, kan kamu yang buat aku seperti ini”. Kalimat tersebut yang membuatmu seperti menjadi orang jahat. 

3. Mendiskreditkan Perasaan Orang Lain

Salah satu ciri yang mudah disadari dari orang yang sering gaslight adalah ketika mereka meremehkan atau mendiskreditkan perasaan orag lain. Mereka tidak peduli akan emosi orang lain. Egois adalah sifat yang melekat di diri mereka. Mereka akan membuat lawan bicaranya seakan-akan tidak memiliki perasaan yang valid.

Contoh kalimatnya adalah, “yaelah, masa gitu aja baper”. Walaupun terkesan sepele, namun kalimat itu membuat orang yang merasa sedih tersebut tidak boleh menunjukkan kesedihannya. 

Nah Sahabat Fimela, itulah 3 ciri yang bisa harus ketahui untuk menghindari orang-orang yang sering gaslight. Kalau pasangan atau temanmu menunjukkan ciri-ciri diatas, lebih baik kamu menjauh. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading