Sukses

Relationship

8 Tips Finansial yang Penting Diperhatikan dalam Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Menikah memang menjadikan momen paling bahagia bagi setiap orang karena hanya dilakukan sekali dalam seumur hidupnya. Menikah juga menjadi langkah yang baru untuk dua orang yang awalnya terbiasa menjalani dan mengurusi kehidupan sendiri kini saling membahu, membangun, berkomunikasi, dan menyatukan dua pendapat untuk menjalani kehidupan yang baru dan rumah tangga yang baik. Salah satu faktor yang biasanya paling mempengaruhi dalam pernikahan adalah finansial.

Tak sedikit, pernikahan yang runtuh akibat permasalahan finansial. Mengatur finansial di awal pernikahan tentu menjadi hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, penting untuk para pasangan yang baru menikah untuk membicarakan terlebih dahulu pengaturan finansial dalam keluarganya supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, membicarakan finansial sejak awal pernikahan secara tidak langsung membentuk kebiasaan yang baik dan mempersiapkan anggaran untuk masa depan. 

Berikut beberapa tips untuk kamu yang baru menikah dalam mengatur finansial:

Menetapkan tujuan

Dilansir dari fidelity.com, salah satu cara mengatur finansial dalam pernikahan dengan berikan waktu untuk kamu dan pasangan untuk menetapkan beberapa tujuan keuangan bersama di masa depan seperti membeli rumah, membeli kendaraan, melakukan perjalanan, dan lainnya. Setelah itu, terapkan kedisiplinan untuk menabung sehingga menjadi kebiasaan. Kamu juga dapat menetapkan tabungan masa pensiun yang dapat disisihkan dari gaji. Pastikan dengan jelas seluruh keuangan yang masuk, langsung ke rekening biasa atau tabungan. Selain itu, kamu dan pasangan juga dapat melakukan investasi.

Melakukan segala sesuatu secara terorganisir

Siapkan waktu untuk selalu mengecek keuangan dan pastikan pengeluaran yang digunakan selalu sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. 

Membuat asuransi untuk memberikan perlindungan yang paling penting

Sejak awal menikah penting untuk kamu mempertimbangkan beberapa asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi disabilitas karena dengan membuat asuransi yang memadai sangat penting untuk melindungi keamanan keuangan keluarga baru.

Mencatat hutang

Dilansir dari marriage.com, mencatat hutang dan mengeceknya secara rutin sebulan sekali untuk membuat perencanaan keuangan. Namun, sebaiknya hindari mengutang. 

Memiliki rekening bank bersama

Membuat rekening bank bersama setelah menikah dapat membantu kamu dan pasangan bertanggung jawab atas pengeluaran yang dilakukan. Selain itu, juga membantu kamu dan pasangan untuk mendiskusikan pengeluaran, tabungan, dan perencanaan masa depan. Melakukan tips ini juga dapat memungkinkan pasangan untuk saling mendukung dan memperkuat satu sama lain.

Membuat rekening tabungan

Membuat rekening tabungan ini merupakan salah satu tips yang paling bijak karena membangun pernikahan sebagai investasi seumur hidup. Investasi yang dimaksud ialah investasi cinta, waktu, dan sumber daya. Namun, sering kali terjadi satu kesalahan yang dilakukan oleh para pasangan yaitu tidak menyisihkan uang untuk hal-hal seperti liburan bersama. Oleh karena itu, pasangan dapat saling menyisihkan penghasilannya untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. 

Selalu lakukan evaluasi terhadap keuangan keluarga

Dilansir dari southstatebank.com, pernikahan menyatukan dua individu yang kemungkinan besar membawa aset dan hutang sehingga antar pasangan harus saling memahami dan mengerti.

Saling berkontribusi ketika membutuhkan dana darurat 

Penting untuk para pasangan menyediakan uang tabungan tak terduga karena kejadian-kejadian tak terduga akan datang tiba-tiba seperti diberhentikan dari pekerjaan, sakit, renovasi rumah, dan lainnya. Kamu dapat menghemat setiap tiap bulannya dengan menyisihkan penghasilan untuk kebtuhan darurat. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading