Sukses

Relationship

4 Rekomendasi Investasi yang Bisa Menjadi Pilihan untuk Keluarga Muda

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang memiliki pandangan buruk tentang investasi. Mereka merasa investasi hanyalah jalan untuk menuju kerugian besar, namun faktanya investasi bisa mendorong kesejahteraan kehidupan mereka. Apalagi bagi yang baru saja menikah atau sudah lama berkeluarga. Rasa cinta dan sikap romansa tidaklah menjadi satu-satunya aspek untuk menyatukan kedua individu, keuangan juga menjadi pondasi penting untuk menunjang kebutuhan pasangan dalam jangka panjang.

Investasi menjadi salah satu metode mengelola keuangan yang sederhana dan bisa membuat keuntungan dari waktu ke waktu. Membuat strategi pengelolaan keuangan keluarga bisa menciptakan keamanan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Terkadang membicarakan investasi bagi keluarga muda menjadil hal yang menantang jika tidak didasari dengan tujuan dan kepentingan yang sama.

Memilih jenis investasi yang tepat juga menjadi pilihan yang cukup sulit. Ada banyak vendor dan perusahaan yang menawarkan keuntungan dan fasilitas yang berbeda-beda. Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memilih investasi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, seperti kreadibiltas perusahaan, layanan yang ditawarkan, sampai memeriksa keamanan dan surat izin perusahaan. Fimela sudah siapkan beberapa rekomendasi jenis investasi yang cocok untuk para keluarga muda, simak dibawah ini.

Investasi dalam bentuk properti

Banyak ahli keuangan yang merekomendasikan properti sebagai bentuk investasi, ini melingkupi rumah dan apartemen. Sebagai keluarga muda, membeli rumah menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan karena disitulah tempat tinggal dan tempat berkumpulnya keluarga kecil. Meskipun membeli rumah tidak semudah membeli kacang tanah di pasar, namun nilai aset rumah bisa meningkat setiap tahun sesuai dengan lokasi dan kondisi pasar real estate. Ini yang menjadikan properti bisa menjadi salah satu bentuk investasi.

Selain rumah, apartemen juga bisa menjadi aset investasi yang menguntungkan. Apartemen bisa disewakan kepada orang lain dalam durasi tertentu, bisa dalam mingguan, bulanan, atau tahunan. Dengan ini, keluarga muda bisa mendapatkan penghasilan pasif.

 

Investasi dalam bentuk asuransi kesehatan

Memiliki asuransi baik asuransi kesehatan maupun kejiwaan bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat. Memiliki rencana asuransi untuk keluarga Anda sangat penting, termasuk untuk keluarga muda. Pada dasarnya asuransi adalah jaminan atau perlindungan yang diberikan kepada pengguna asuransi apabila mengalami risiko yang tak terduga atau secara singkatnya ketika kamu mengalami kecelakaan yang mengharuskan menginap di rumah sakit, maka perusahaan asuransi yang kamu miliki akan menanggung semua biaya yang diperlukan, mulai dari rawat inap hingga biaya pengobatan.

Walaupun terdengar menakutkan, asuransi bisa menyelamatkan kamu dan keluargamu dari tagihan besar. Selain asuransi kesehatan, kamu juga bisa mengambil asuransi kejiwaan, kendaraan, uang dan harta benda, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa menjadi bentuk investasi yang dapat melindungi dari risiko tak terduga.

Emas bisa menjadi Investasi dalam bentuk logam mulia

Bentuk investasi yang satu ini adalah dalam bentuk emas logam mulia. Seperti yang sudah diketahui, emas bisa menjadi salah satu metode menabung karena nilai nya selalu meningkat tiap tahunnya. Walaupun tidak sebesar bentuk investasi lainnya, membeli emas dengan tujuan investasi adalah langkah yang tepat. Nilai aset emas secara perlahan bisa terus meningkat dari waktu ke waktu. Salah saru resiko dari menabung emas adalah kehilangan. Maka dari itu, akan lebih aman jika membeli emas dalam bentuk logam mulia.

Investasi dalam bentuk emas ini bermanfaat bagi para keluarga muda untuk target dalam jangka waktu 5-10 tahun. Biasanya, sebelum membeli emas logam mulia, harus menetapkan tujuan bersama yang jelas terlebih dahulu, apakah digunakan untuk tabungan haji, pendidikan anak, dana pensiun, dana liburan, atau dana pembangunan rumah. Dengan adanya tujuan yang jelas, maka kamu dan keluarga kecilmu pun akan menjadi lebih mudah dalam menentukan alokasi dana investasi Emas yang harus ditabung setiap bulannya. 

Investasi dalam bentuk saham

Baru-baru ini saham menjadi bentuk investasi yang paling populer di Indonesia. Tak heran mengapa banyak sekali masyarakat Indonesia berlomba-lomba membeli saham untuk mendapatkan keuntungan. Investasi dengan membeli saham bisa memberikan potensi keuntungan dalam jangka panjang. Jika kamu memilih perusahaan yang kreadibilitas dan berkualitas, kamu akan mendaparkan keuntungan yang semakin tinggi. Namun, berinvestasi dalam bentuk saham juga memiliki risiko tertentu.

Semakin besar potensi keuntungan, semakin besar pula risiko yang didapat. Terlepas dari itu semua, saham bisa menjadi investasi yang bagus untuk keluarga muda guna memperoleh pendapatan jangka panjang dan menyiapkan dana untuk tujuan di masa depan. Maka dari itu, sebaiknya pelajari dan pahami cara kerja saham terlebih dahulu sebelum langsung membelinya.

Bagaimana cara memulainya?

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai investasi adalah menetapkan tujuan keuangan keluarga terlebih dahulu. Membicarakan untuk apa uang tersebut, saling terbuka satu sama lain mengenai pendapatan masing-masing pasangan, hingga merencanakan untuk menetapkan jenis investasi apa yang ingin dipilih. Setelah itu, mulailah untuk menyisihkan sedikit penghasilan untuk menginvestasikannya ke dalam saham, emas, properti, ataupun asuransi.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading