Sukses

Relationship

Tips Frugal Living Bersama Pasangan: Mengatur Pengeluaran dengan Bijak

Fimela.com, Jakarta Memiliki kehidupan hemat bersama pasangan adalah langkah yang cerdas untuk mencapai tujuan financial independence. Dengan menghemat, kamu dan pasangan dapat menghindari stres keuangan dan pertengkaran yang disebabkan oleh ketidakseimbangan keuangan.

Selain itu, kamu dan pasangan juga dapat menghindari hutang yang berpotensi membebani keuangan keluarga. Lalu, bagaimana caranya menghemat di kehidupan pernikahan? Berikut ini youtuber terkenal bernama Samuel dan Claudya akan membagikan sejumlah tips frugal living bersama pasangan.

1. Hentikan kebiasaan belanja yang tidak perlu

Dilansir dari kanal Youtube Samuel dan Claudya, kebiasaan belanja impulsif seringkali menjadi penyebab pengeluaran yang tidak terkendali. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan pergi belanja tanpa alasan yang jelas atau menghabiskan waktu utnuk membuka situs belanja online dari sekarang!

"Dengan mengurangi paparan terhadap barang-barang yang tidak kamu butuhkan, kamu dapat menghindari godaan untuk membelinya. Sedangkan, apabila kamu tidak melihat barang-barang tersebut, kamu tidak akan tertarik atau tergoda untuk membelinya." ucap Claudya di kanal Youtube-nya.

2. Hidup sesuai dengan kebutuhan

Dilansir dari Forbes, hidup sesuai dengan kebutuhan berarti fokus pada kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, dan papan. Agar lebih baik dalam mengelola keuangan, sebaiknya buatlah anggaran berdasarkan prioritas utama dan hindari pengeluaran impulsif.

Dengan hidup sesuai dengan kebutuhan, kamu dan pasangan dapat menjaga keuangan tetap terkendali, memprioritaskan kebutuhan dasar, dan mencapai stabilitas finansial dalam jangka panjang. Hal ini juga membantu kamu menghindari hutang yang tidak perlu dan mengarahkan sumber daya ke hal-hal yang lebih penting dan bernilai.

Pentingnya menjaga disiplin keuangan untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu

3. Manajemen hutang yang bijaksana

Dilansir dari Financial Times, manajemen hutang yang bijaksana melibatkan strategi dan tindakan yang bertujuan untuk mengelola hutang dengan efektif dan mengurangi beban finansial jangka panjang. Apabila kamu dan pasangan memiliki hutang konsumtif yang belum terbayar, sebaiknya segera lunasi hutang tersebut.

Sebab, hutang konsumtif memiliki bunga yang tinggi dan bisa menjadi beban keuangan yang berkepanjangan. Saat berusaha melunasi hutang, sebaiknya hindari mengambil hutang baru atau memperoleh hutang konsumtif tambahan. Jaga disiplin dalam mengendalikan pengeluaran dan fokus pada melunasi hutang yang ada!

4. Perlindungan finansial

Perlindungan finansial merujuk pada langkah-langkah dan strategi yang diambil untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko keuangan yang tidak terduga. Tujuan utama perlindungan finansial adalah untuk mengurangi dampak negatif yang bisa terjadi akibat peristiwa tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, sakit parah, kecelakaan, atau kematian.

Perlindungan finansial melibatkan berbagai aspek, termasuk asuransi, BPJS, dana darurat, dan perencanaan keuangan yang cermat. Oleh karena itu, penting bagi kamu dan pasangan untuk mempersiapkan perlindungan finansial dari sekarang.

 

Membiasakan diri untuk mengoptimalkan penggunaan barang yang kita miliki, dapat menjadi cara efektif untuk menghemat pengeluaran

5. Menggunakan barang hingga akhir umur pakai

Mengoptimalkan penggunaan barang-barang yang kita miliki, dapat menghemat pengeluaran dan mengurangi limbah yang dihasilkan. Hal ini dapat kita terapkan dengan membiasakan diri tidak membuang pakaian hanya karena sedikit rusak atau ketinggalan zaman, memanfaatkan benda-benda bekas untuk digunakan dengan tujuan lain, dan mengoptimalkan masa pakai benda hingga umur pakainya. Dengan menerapkan cara ini, dapat memberikan kebiasaan positif bagi diri kita untuk tidak implusif, menghemat pengeluaran, dan mengurangi limbah lingkungan.

Hidup hemat bersama pasangan adalah langkah cerdas untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dan pasangan dapat mengontrol pengeluaran dan membangun keuangan yang sehat bersama-sama. Ingatlah bahwa kerjasama, komunikasi, dan kesadaran akan pentingnya hidup hemat adalah kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan finansialmu.

 

*Penulis: Amelia Septika

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading