Sukses

Relationship

5 Tips Rumah Tangga Awet dan Harmonis, Bukan Hanya Sekedar Cinta

Fimela.com, Jakarta Kehidupan pernikahan adalah tantangan tersendiri bagi para pasangan karena tanggung jawab besar yang harus dipikul bersama. Karena itulah pernikahan tidak hanya sekedar cinta dan ketertarikan fisik pada pasangan. Namun membutuhkan upaya yang lebih dari sekedar cinta agar pernikahan menjadi sempurna dan bahagia. Meski definisi pernikahan yang sempurna dan bahagia bagi setiap orang itu berbeda, cara meraih dan mempertahankannya tetap sama.

Kadang kebahagiaan, kesedihan, atau keduanya sekaligus akan dirasakan dalam hari-hari menjadi pasangan suami istri. Pasang surut dalam hubungan pasti terjadi, namun dengan komitmen kuat dengan pasangan maka rumah tangga tidak akan karam. Untuk mempertahankan pernikahan agar langgeng meski diterpa badai kencang, berikut tips yang dilansir pada Marriage.

1. Paham Kompromi

Setiap pasangan pasti pernah mengalami konflik. Agar tangguh dalam mempertahankan hubungan maka tiap pasangan harus memahami cara berkompromi. Mampu memecahkan masalah bersama, mengetahui kebutuhan pasangan, dan berkomunikasi dengan jelas adalah kunci menyelesaikan konflik. Duduk dan dengarkan dengan pikiran terbuka akan pendapat pasangan dan belajarlah mengerti. Setelah hati lebih tenang, pikirkan jalan keluar bersama.

2. Tunjukkan Emosi dan Isi Hati

Banyak pasangan yang mengesampingkan emosi dan isi hati dan berakhir dengan dendam pada pasangan. Hal ini berpotensi pada tindakan buruk seperti selingkuh, cerai, atau melakukan kekerasan. Untuk itu tunjukkanlah dan katakan dengan jujur apa yang dirasakan. Saling memahami isi hati akan membuatmu dan pasangan memiliki ikatan hati dan menambah rasa sayang.

3. Percaya Pada Pasangan

Kepercayaan adalah indikator utama pernikahan yang tangguh. Jika kepercayaan dirusak atau tidak ada sama sekali maka hubungan akan terus pada kondisi keruh karena konflik yang tak pernah usai. Kepercayaan bukan hanya tentang perselingkuhan, namun tentang mengetahui bahwa diri aman, saling memahami isi hati dan pikiran, serta yakin pasangan akan selalu ada untuk mencintai dan mendukung dalam jangka panjang.

4. Hormati Satu Sama Lain

Rasa hormat dengan pasangan akan menumbuhkan rasa aman dan percaya diri dalam pernikahan. Dengan begitu, saat masa sulit sekali pun pasangan akan merasa dihargai dan dicintai. Rasa hormat juga bentuk menyatakan kepedulian pada pasangan.

5. Hargai Setiap Waktu yang Dihabiskan Bersama

Saat sedang bersama pasangan, baik makan bersama di rumah atau sekedar bersantai nonton televisi hargailah momen tersebut. Hindari sibuk dengan ponsel dan beri perhatian pada pasangan. Hal kecil ini merupakan apresiasi pada kehadiran pasangan yang tanpa disadari akan membuatmu merasa betapa berharganya keberadaan pasangan. Dengan menyadari kehadirannya, maka setiap waktu bersama pasangan menjadi istimewa.

Awal dari menjalin hubungan pernikahan adalah cinta, namun untuk mempertahankannya harus dengan logika. Kuatkan pondasi pernikahan agar rumah tangga awet dan bahagia.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading