Sukses

Relationship

5 Cara Berhenti Mencintai Seseorang yang Tak Bisa Dimiliki

Fimela.com, Jakarta Pengalaman jatuh cinta bisa hadirkan debar-debar yang menyenangkan. Namun, bisa juga menghadirkan pengalaman yang cukup menyakitkan seperti ketika cintamu ternyata tak bisa dibalas atau disambut baik oleh orang yang kamu sukai. Menyikapi cinta sepihak memang tak mudah, tetapi tetap harus berusaha untuk membuka lembaran hidup yang baru.

Agar bisa move on, maka perlu berhenti menaruh harapan yang terlalu tinggi pada dia yang tak bisa membalas perasaanmu. Bisa dimulai dengan meredakan rasa sukamu kepadanya, dan berdamai dengan kenyataan yang ada. Caranya bisa dimulai dari langkah-langkah berikut ini.

1. Berbagi Perasaan pada Orang Terpercaya

Mengutip buku Beyond Mars and Venus, "Salah satu cara terkuat bagi wanita untuk meningkatkan oksitosin adalah berbagi perasaan. Berbagi perasaan bisa meningkatkan estrogen dan menurunkan stres. Meskipun belum menemukan jalan keluar terbaik, tapi berbagi perasaan bisa tenangkan diri dan membuat suasana hati membaik. Ketika cintamu tak berbalas ada rasa sesak dan perasaan tak nyaman yang akan kamu rasakan. Untuk meredakannya, kamu bisa coba untuk berbagi perasaanmu kepada orang yang kamu percayai. Setidaknya dengan cara ini, hatimu bisa lebih sedikit ringan dan tidak tenggelam terlalu lama dalam kesedihan dan kekecewaan.

2. Hargai Usaha Diri Sendiri

Hargai upayamu dan keberanianmu. Mencintai seseorang jelas butuh keberanian. Meskipun kamu tak bisa mendapat balasan cinta seperti yang kamu harapkan, tetapi kamu sudah melakukan usaha terbaik, dan ini patut diapresiasi. Jadi hargai upayamu ini, dan alihkan cinta yang tadinya untuk orang lain menjadi untuk dirimu sendiri.

3. Tata Ulang Ekspektasimu

Kalau sebelumnya kamu masih punya harapan cintamu akan berbalas, kini setelah tahu dia ternyata tak bisa kamu miliki maka kamu harus membuat prioritas baru. Tata ulang ekspektasi. Hapus harapan lama dengan harapan baru. Harapan baru ini bisa mencakup prioritas baru untuk diwujudkan atau dipenuhi demi hidup yang lebih bermakna.

4. Senangkan Dirimu dengan Cara Ternyaman

Walaupun kamu sempat merasa kehilangan harapan hidup, tapi jangan sampai kamu malah melukai dirimu sendiri. Cobalah untuk menyenangkan dirimu sendiri. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu kembali tersenyum dan tertawa. Sekecil atau sesederhana apa pun usaha itu, selama kamu bisa kembali bersemangat saat bangun pagi maka itu layak dilakukan.

5. Terbukalah Menerima Ragam Bentuk Cinta yang Lain

Tak perlu makin menutup diri dan hatimu. Cobalah untuk lebih teruka menerima ragam bentuk cinta yang lain. Cinta dari orang-orang terdekatmu, bahkan cinta dari dirimu sendiri juga bisa kamu sambut dengan tangan terbuka. Dengan begini, kamu bisa menemukan kebebasan baru untuk membuka lembaran hidup yang lebih indah.

Yakin saja seseorang yang tepat akan hadir di waktu yang terindah. Tetaplah melangkah ke depan dengan hati yang lebih kuat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading