Sukses

Relationship

5 Hal yang Menunjukkan Kesetiaan Seseorang, Dilihat dari Perilaku Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Kesetiaan adalah hal yang mahal. Tidak semua orang bisa setia terhadap pasangan atau teman, meski mudah mengucapkannya. Setia artinya berpegang teguh pada janji dan prinsip hidup dan tidak berkhianat sama sekali. Kesetiaan dinilai dari hal berbeda. Namun umumnya kesetiaan pada pasangan diukur dengan kuatnya menjaga komitmen jangka panjang, dan kesetiaan pada teman dilihat dari lamanya hubungan pertemanan tanpa bumbu berkhianat satu sama lain.

Meski telah mengucapkannya berulang kali, pasangan atau teman tidak terjamin benar-benar setia. Cobalah lihat beberapa sifat di bawah ini dan pikirkan, apakah temanmu dan pasanganmu sudah setia?

1. Tidak Pernah Ingkar Janji

Tindakan utama dari orang yang setia adalah bagaimana ia memenuhi janjinya. Memenuhi janji itu sulit, itulah mengapa tidak semua orang bisa setia. Menepati janji bukan berarti bersedia merelakan apapun demi tidak ingkar, namun memenuhinya dengan tindakan yang logis. Bila sesekali melewati janji karena alasan penting, maka tidak masalah. Namun bila ingkar dengan sengaja, maka kesetiaan mereka padamu harus dipertanyakan.

2. Menghargai Kejujuran

Jujur dan menghargai kejujuran orang lain atau diri sendiri menjadi ciri khas orang yang setia. Kesetiaan dalam hubungan dapat diraih bila kedua pihak dapat jujur dalam setiap keadaan. Hal ini termasuk pada mengungkapkan isi hati dengan penuh kejujuran. Kesetiaan dan kejujuran berpengaruh satu sama lain.

3. Menunjukkan Kepedulian

Sifat lain yang menunjukkan kesetiaan adalah kepedulian, terutama pada orang-orang yang dicintai. Kepedulian dan perhatian dapat menyalurkan rasa cinta dan berpengaruh pada hubungan harmonis yang awet. Hal ini termasuk peduli dengan teman seperti memperhatikan kondisi mereka dan membantu saat dibutuhkan.

4. Membantu Tanpa Pamrih

Membantu pasangan dan teman tanpa mengharapkan imbalan hanya dapat dilakukan orang yang setia dan peduli. Kebanyakan orang membantu dengan harapan agar dibantu kembali saat mereka membutuhkan. Namun bagi mereka yang menolong tanpa mengharap imbalan, artinya mereka memberi bantuan dengan tulus dan penuh kesetiaan.

5. Memperlakukan Orang Lain dengan Hormat

Sifat terakhir yang umum dilakukan orang yang setia adalah tindakan menghormati dan menghargai orang lain. Loyalitas adalah hal yang diperoleh dengan mendedikasikan diri untuk orang lain. Menghargai orang lain dan rela berkorban menjadi sifat utama yang dimiliki orang setia.

Bila sifat di atas dimiliki pasangan atau temanmu, hargailah mereka seperti mereka menghargaimu. Tidak semua orang memiliki kesetiaan, karena inilah kesetiaan adalah hal yang istimewa.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading