Sukses

Relationship

5 Cara Berhenti Menyukai Seseorang tanpa Menyakiti Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Pengalaman jatuh cinta memang pengalaman yang luar biasa. Ada banyak gejolak baru yang dirasakan. Sungguh bahagia apabila rasa cinta yang kita miliki pada seseorang bisa berbalas, tetapi beda ceritanya kalau ternyata orang yang kita sukai ternyata tak bisa membalas perasaan kita.

Menghilangkan perasaan kepada seseorang yang tak bisa dimiliki bukan perkara mudah. Akan tetapi, bukan berarti tak bisa dilakukan. Ketika kamu ingin membuka lembaran baru dengan hati yang lebih kuat, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan.

1. Terima Perpisahan yang Ada

Tak bisa memiliki cinta dari pria yang kamu sukai? Cobalah untuk merelakannya. Terima perpisahan yang ada. Walaupun belum ada hubungan istimewa yang terjalin, tetapi di sini kamu perlu bersikap berani untuk berlapang dada. Psikolog dan penulis buku How to Fix a Broken Heart, Guy Winch memaparkan bahwa berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menangisi dan menyesali perpisahan yang terjadi sebenarnya tergantung sepenuhnya pada kita. Berdasarkan hal tersebut, cobalah untuk lebih berani bersikap tegas baik dalam membuat batasan baru maupun bersikap ikhlas menerima dengan lapang dada perpisahan yang ada.

2. Alihkan Perasaan untuk Diri Sendiri

Kalau sebelumnya energi dan waktumu habis untuk orang lain, kini coba alihkan itu semua untuk dirimu sendiri. Alihkan cinta yang ada untuk diri sendiri. Kembalilah menyayangi diri sendiri. Tak perlu menyalahkan dirimu atas cinta sepihak atau cinta yang bertepuk sebelah tangan tersebut.

3. Memilihlah untuk Bertumbuh

Pengalaman cinta yang menyakitkan tak perlu ditangisi atau diratapi berlebihan. Setelah bersedih secukupnya, cobalah untuk memilih bertumbuh. Mengutip buku How to Love, "Saat terluka, kita juga akan bertumbuh. Kita tidak gagal dalam cinta, melainkan hanya mencicipi rasanya mencintai dan berpisah." Pengalaman yang ada pada dasarnya mendewasakan dirimu. Setidaknya kini kamu bisa lebih memahami dirimu sendiri dan apa yang hatimu mau.

4. Terhubung dengan Aktivitas yang Membuat Hati Senang

Cobalah untuk kembali melakukan hal-hal yang kamu sukai dan membuat hidupmu kembali terasa berarti. Bisa dengan kembali menekuni hobi atau melakukan aktivitas yang bisa membuat hati kembali senang. Mengutip buku The Child in You, "Hobbies and outside interests help redirect your attention to things beyond yourself. They distract you from self-centered concerns." Hobi dan minat di luar membantu mengalihkan perhatian kita ke hal-hal di luar diri kita. Bisa mengalihkan perhatian kita dari kekhawatiran yang berpusat pada diri sendiri.

 

 

5. Perkuat Harapan-Harapan Baik

Meskipun awalnya terasa sulit untuk melupakan seseorang, tapi izinkan dirimu untuk berproses. Perkuat harapan-harapan baik. Biarkan dia melanjutkan hidupnya, sementara kamu juga melanjutkan hidupmu. Yakinlah ke depannya kamu masih akan bisa menemukan cinta yang lebih tepat di waktu yang paling indah.

Semoga hatimu bisa lebih kuat lagi ke depannya. Terima kasih sudah berusaha bertahan dan melakukan semua yang terbaik hingga titik ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading