Sukses

Relationship

Ini Rincian Biaya Tunangan yang Kamu dan Pasanganmu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Menikah merupakan salah satu fase hidup yang penting bahkan dianggap sakral. Salah satu alasan mengapa menikah merupakan fase yang dianggap sakral adalah karena menikah yang dianggap baik adalah menikah yang hanya dilaksanakan sekali saja selama seumur hidup.

Sebelum menikah, ada satu fase yang harus dilewati terlebih dahulu yang tidak kalah pentingnya. Fase itu adalah faseĀ lamaranĀ atau biasa disebut juga dengan istilah tunangan.

Sama seperti menikah, tunangan juga dianggap sakral. Hal ini dikarenakan tunangan adalah proses bertemunya dua keluarga yang sebentar lagi akan menyatu menjadi satu keluarga. Karena kesakralannya inilah, proses tunangan tidak boleh keliru sedikitpun. Tidak hanya acaranya, namun hal-hal yang ada di dalamnya seperti dekorasi, katering hingga pakaian yang digunakan oleh kamu dan pasanganmu pun tidak boleh keliru.

Persiapan untuk tunangan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, biaya tersebut perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Dana tersebut tidak hanya disiapkan oleh pihak laki-laki saja namun juga dari pihak perempuan. Berikut rincian biaya tunangan yang harus kamu persiapkan dari sekarang.

Biaya Tunangan dari Pihak Laki-laki

1. Biaya Hantaran atau Seserahan

Acara pertunangan di Indonesia umumnya pihak pria perlu membawa seserahan atau hantaranĀ untuk diserahkan kepada pihak wanita. Hantaran atau seserahan ini biasanya berupa barang-barang yang telah diminta oleh pihak wanita. Misalnya seperangkat alat sholat, alat make up, pakaian, sepatu, termasuk makananĀ sepertiĀ buah-buahan.

2. Biaya Cincin Tunangan

Di dalam susunan acara pertunangan nanti, akan ada sesi ketika sepasang calon mempelai saling bertukar cincin tunangan. Sesi ini merupakan simbol bahwa pasangan tersebut sudah terikat perjanjian dan komitmen untuk segera melangsungkan pernikahan.Ā 

Dalam memilih cincin tunangan, biasanya pihak pria mengajak calonnya untuk memilih langsung ke toko perhiasan agar wanita dapat memilih secara langsung model dan jenis cincin apa yang sesuai dengan seleranya.

Cincin tunangan harganya sangat bervariasi, namun ada pula yang terjangkau. Biasanya cincin tunangan dengan jenis logam perak, emas putih dan palladium memiliki harga sekitar Rp200 rb ā€“ Rp500 rb tergantung dengan model dan berapa karat yang dimiliki. Meski memilih cincin dengan harga yang terjangkau, harus dipastikan cincin tersebut terhindar dari cacat, goresan dan bekas noda.

3. Biaya Sumbangan kepada Pihak Keluarga Wanita

Biasanya acara pertunangan diadakan di kediaman mempelai wanita atau jika menyewa tempat untuk acara pertunangan, tetap yang mengurusnya adalah pihak wanita, maka keluarga wanita membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar untuk menyiapkan banyak hal.

Dimulai dari dekorasi rumah, hidangan makanan untuk keluarga besar dan tamu undangan, pengisi acara seperti pembawa acara dan masih banyak lagi. Belum lagi biasanya para pasangan menggunakan jasa wedding organizer untuk mengurus segala hal mulai dari teknis hingga dekorasi. Maka hal ini tentu membutuhkan biaya yang besar.

Bagi pasangan yang ingin menghemat, bisa saja tidak memakai jasa wedding organizer tetapi bisa meminta bantuan kepada kerabat dekat untuk mengurus segala susunan acara tunangan dan memastikan semuanya berjalan lancar tanpa hambatan.

4. Biaya Transportasi

Untuk menuju ke rumah kediaman mempelai wanita, mempelai lelaki pasti membawa rombongan keluarganya. Rata-rata biaya yang mungkin akan keluar untuk transportasi berkisar Rp300 rb untuk membeli bensin dan jika rumah mempelai pria dan wanita berada dalam satu kota yang sama.

Disarankan untuk pihak pria datang satu sampai dua jam sebelum acara dimulai, agar dapat mempersiapkan diri lebih matang saat acara tunangan nanti, hindari datang terlalu mepet atau bahkan terlambat.

5. Biaya Lain-lain

Biasanya dalam mempersiapkan acara pertunangan ada biaya tambahan, misalnya seperti busana tunangan, make-up artist bagi mempelai wanita, fotografer bahkan bisa saja sewa lokasi.

Biaya Tunangan dari Pihak Perempuan

1. Biaya Lokasi

Biaya lokasi bisa dihilangkan jika rumah calon mempelai wanita mencukupi untuk seluruh tamu undangan. Sebelum menentukan lokasi sebaiknya para pasangan membicarakan dahulu jumlah tamu undangan yang akan diundang agar dapat mempertimbangkannya dengan baik.

2. Biaya Pakaian

Biasanya calon mempelai wanita akan mencari kain dan batik untuk selanjutnya dijahit dengan model busana pilihan yang diinginkannya. Namun, biaya ini juga dapat dihilangkan jika ingin berhemat. Kamu dan pasangan bisa menggunakan pakaian yang sudah dimiliki.

3. Biaya Dekorasi

Biaya dekorasi biasanya lumayan mahal jika memakai jasa penata dekor, maka dari itu dapat dihemat dengan cara membuatnya sendiri atau handmade. Selain hemat, pasangan pun jadi bisa memiliki quality time lebih banyak untuk saling mengenal pada saat proses pembuatannya.

4. Biaya Foto

Jika salah satu pasangan memiliki kamera yang cukup bagus untuk mengabadikan momen penting ini, lebih baik minta bantuan saja sama kerabat terdekat untuk mengabadikan momen berharga ini, agar biaya tunangan dapat diperkecil lagi.

5. Biaya Katering

Nah yang menghabiskan biaya paling banyak adalah biaya katering. Karena biaya ini harus dihitung perseorangan berdasarkan jumlah tamu yang datang. Jika ingin berhemat, mempelai wanita bisa berbelanja dan memasak sendiri juga meminta bantuan kerabat terdekat, namun hal ini sangat riskan, karena mempelai wanita sebaiknya well-prepared sebelum acara penting ini berlangsung.

Itulah rincian biaya tunangan yang harus kamu dan pasanganmu ketahui. Biayanya memang tidak sedikit, oleh karena itu akan sangat bijak jika dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading