Sukses

Relationship

4 Cara Bicara yang Membuatmu Mudah Disukai Orang

Fimela.com, Jakarta Saat berkomunikasi atau bicara dengan seseorang, biasanya kita ingin memberikan kesan yang baik agar diri kita bisa diterima dengan baik. Kita pun ingin bisa makin disukai orang yang kita ajak bicara demi menjalin hubungan yang lebih dekat. Salah satu tips agar kita bisa lebih mudah disukai orang adalah meningkatkan empati dalam berkomunikasi.

Mengutip buku Menjadi, berempati adalah "to feel with people". Kita ikut merasakan hal yang dirasakan oleh orang lain dan mencoba untuk bisa ikut berada di posisi mereka. Dalam hal komunikasi dengan empati yang lebih baik, ada sejumlah cara yang bisa diupayakan seperti cara-cara berikut ini.

 

 

1. Mengakui Perspektif Orang Lain

Cara pertama agar bisa merasakan bersama orang lain, menurut penulis Brené Brown seperti yang dipaparkan di buku Menjadi, adalah dengan mengakui perspektif oran lain sebagai (setidaknya kemungkinan) kebenaran. Ketika lawan bicaramu sedang curhat atau menceritakan pengalamannya, kamu bisa coba mengikuti perspektif dan memposisikan dirimu di posisinya tersebut. Empati yang kamu hadirkan ini bisa membuat lawan bicaramu bisa lebih nyaman dan makin menyukaimu.

 

 

2. Hindari Sikap Menghakimi

Cobalah untuk berusaha memahami orang yang mengajakmu bicara. Hindari sikap menghakimi, menyalahkan, atau menyudutkan. Kalaupun kamu punya sudut pandang lain, tak perlu memaksanya untuk memiliki sudut pandang yang sama denganmu. Hargai dan pahami hal-hal yang disampaikannya dengan pikiran yang lebih terbuka.

 

 

3. Sadari Keberadaan Emosi Lawan Bicaramu

Ini juga bagian dari cara untuk meningkatkan empati untuk membangun hubungan yang lebih baik. Supaya lawan bicaramu bisa lebih nyaman dan makin menyukaimu, kamu bisa membangun kesadaran dalam dirimu soal keberadaan emosi-emosi lawan bicaramu. Tak perlu buru-buru menyalahkan, meremehkan, atau merendahkan hal-hal yang dirasakan oleh lawan bicaramu. Sebab tiap orang berhak merasakan semua emosi yang sedang dirasakannya.

 

 

4. Mengomunikasikan Empati dalam Kata-Kata

Kamu bisa merespons hal-hal yang disampaikan oleh lawan bicaramu dengan kesamaan. Fokuslah pada mengomunikasi empati dengan kata-kata seperti berbagi pengalaman yang sama atau ikut merasakan hal yang sedang dirasakan oleh lawan bicaramu. Namun, bukan makin beradu nasib atau membanding-bandingkan pengalaman. Melainkan menghadirkan empati untuk bisa lebih memahami satu sama lain.

Semoga kamu bisa membangun hubungan yang lebih baik denga cara komunikasi yang baik pula, ya. Semoga tips-tips di atas bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading