Sukses

Relationship

4 Tanda Luka Patah Hatimu Belum Sepenuhnya Sembuh

Fimela.com, Jakarta Pengalaman patah hati memang bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Bahkan proses untuk memulihkan diri dan sembuh dari luka patah hati itu bisa cukup lama. Untuk memulai hubungan baru pun butuh kesiapan dan keberanian baru.

Saat luka patah hatimu belum sembuh, ada baiknya tidak terburu-buru menjalin hubungan baru. Mengutip buku Why Men Want Sex and Women Need Love, untuk melewati masa berduka ketika baru saja dicampakkan, bercerai, atau berpisah dari pasangan, butuh waktu setidaknya 10% dari panjang hubungan cinta sebelumnya. Bila luka hatimu bisa sembuh lebih cepat dari porsi waktu tersebut, itu bagus untukmu. Kalaupun tidak, juga bukan masalah. Berikut ini empat tanda umum yang biasanya tampak ketika sebenarnya kamu masih butuh waktu dan proses lagi untuk menyembuhkan diri dari luka hati.

 

 

1. Hati Belum Tenang

Masih ada rasa tidak nyaman di hatimu. Kamu masih belum bisa menemukan ketenangan dan kedamaian yang kamu butuhkan. Ketika rasa gelisah, kesal, marah, dan kecewa masih hadir berkecamuk di batinmu, sepertinya kamu memang perlu waktu lagi untuk berdamai dengan semuanya. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bisa merasa kembali nyaman, agar batin yang tenang bisa kamu dapatkan.

 

 

2. Masih Sulit Mengendalikan Emosi

Kamu masih gampang marah. Mudah sekali tersinggung dengan hal-hal yang sebenarnya kecil dan sepele. Kamu masih sulit mengendalikan emosimu, dan kalau ini berlangsung sangat lama sampai-sampai kamu kesulitan beraktivitas normal ada baiknya segera mencari bantuan ke pihak profesional seperti ke psikolog atau psikiater. Ketika kamu merasa mentalmu masih belum stabil, sepertinya memang butuh waktu lagi untuk memulihkan diri.

 

 

3. Menjadikan Orang Lain sebagai Pelampiasan

Jangan sampai kamu malah menyakiti orang lain di saat kamu sedang berproses untuk memulihkan diri. Saat kamu masih sering menjadikan orang lain sebagai pelampiasan, ada baiknya kamu coba untuk menjaga jarak lebih dulu. Hanya karena kamu masih terluka, bukan berarti kamu punya hak untuk membuat orang tak bersalah ikut terluka.

 

 

4. Belum Kembali Menyayangi Diri Sendiri

Biasanya saat luka hati sudah sembuh ada perasaan makin sayang dan cinta dengan diri sendiri. Namun, kalau kamu masih sering menyalahkan diri sendiri atau cenderung membenci diri sendiri atas kejadian yang kamu alami, kamu masih perlu berusaha untuk menghadirkan cinta dan kasih sayang yang baru untuk dirimu sendiri. Saatnya untuk memberi pelukan yang lebih erat untuk dirimu sendiri sebab kamu berhak bahagia lagi.

Semoga luka hatimu bisa segera sembuh, ya. Semoga semua kepahitan bisa segera tergantikan dengan kelapangan hati yang baru.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading