Sukses

Relationship

6 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pacar yang Toxic

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang sehat harus didasarkan pada rasa saling menghormati, menjaga kepercayaan, dan dukungan. Namun, suatu hubungan itu rumit dan seringkali menantang untuk dilalui. Sayangnya, beberapa hubungan bisa menjadi beracun bagi salah satu atau kedua pasangan. Memiliki pacar yang beracun dapat merusak kesehatan emosional dan kebahagiaanmu secara keseluruhan. Jadi, penting untuk mengenali tanda-tanda pasangan yang beracun bagimu sehingga kamu dapat mengambil tindakan yang tepat jika diperlukan. Penasaran, seperti apa tanda-tandanya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kritik Terus-menerus

Seberapa sering kamu memperhatikan bahwa pacarmu sering merendahkan dirimu, meremehkan pencapaianmu, atau mengkritik penampilan atau kemampuanmu? Jika dia secara teratur menggunakan kritik negatif kepadamu, itu adalah tanda pasti dari pacar yang beracun.

2. Mengontrol Perilaku

Saat pacarmu mencoba mengontrol tindakan, keputusan, dan interaksimu dengan orang lain, itu adalah tanda pasti dari pacar yang beracun. Perhatikan apakah dia sering mendikte bagaimana kamu harus berpakaian, dengan siapa kamu harus bergaul, atau ke mana kamu harus pergi. Memberikan pendapatnya pada saat atau saat diminta adalah tanda kepedulian. Namun, jika dia terus-menerus mencoba mengendalikanmu, kamu berada dalam hubungan yang beracun.

3. Kecemburuan yang Tidak Rasional

Pacar yang beracun mungkin merasa sangat cemburu terhadap siapa pun yang berinteraksi denganmu, termasuk teman, rekan kerja, atau bahkan anggota keluarga. Jadi, kamu mungkin menemukan pasanganmu terus-menerus mempertanyakan kesetiaan atau menuduhmu selingkuh tanpa alasan yang sah. Selain itu, pacarmu yang beracun mungkin sering meragukan interaksimu dengan orang lain, melanggar privasi, atau menuntut pembaruan terus-menerus tentang aktivitasmu.

4. Rasa Memiliki yang Berlebihan

Pacarmu yang beracun mungkin menunjukkan sikap posesif terhadap Anda dengan memperlakukanmu sebagai objek atau kepemilikan daripada pasangannya yang setara. Selain itu, dia mungkin mencoba mengisolasimu dari teman dan keluarga, membuatmu sepenuhnya bergantung padanya untuk mendapatkan dukungan dan validasi emosional.

5. Memanipulasi

Pacar yang beracun mungkin menunjukkan reaksi emosional yang intens saat dia merasakan ancaman terhadap hubungannya denganmu. Dengan demikian, dia akan membuatmu dan orang lain percaya bahwa dia adalah korban untuk mendapatkan simpati dan kendali. Dia akan memanipulasimu atau situasi untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, menggunakan rasa bersalah, pemerasan emosional, atau taktik lainnya. Selain itu, dia mungkin mulai menarik kasih sayang dan perhatiannya untuk memanipulasi perilakumu, membuatmu merasa tidak berharga, atau menjebakmu dalam siklus hubungan yang beracun.

6. Pelecehan Verbal

Pelecehan dalam bentuk apapun sangat tidak sehat. Jadi, ketika pacarmu secara teratur menggunakan hinaan, bahasa yang menghina, atau memanggilmu dengan julukan aneh, itu menunjukkan tanda bahaya besar dan kamu berada dalam drama hubungan yang beracun dengan pacar.

Nah, jika kamu menemukan beberapa tanda di atas, akan lebih baik jika segera untuk komunikasi dengan pasangan. Katakan bahwa tindakannya dapat merusak hubungan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading