Sukses

Relationship

5 Ciri Green Flag dalam Hubungan yang Perlu Dipertahankan, Bikin Makin Langgeng!

Fimela.com, Jakarta Sebutan green flag kini telah berkembang menjadi istilah yang banyak dipakai oleh masyarakat, terlebih dalam menggambarkan sifat seseorang. Mungkin kamu pernah menonton drama Korea dan mendengar banyak orang yang menyebutkan bahwa karakter di dalam drama tersebut termasuk ke dalam green flag. Nah, apa sih maksud dari istilah tersebut sebenarnya?

Green flag dapat mengarah pada tanda yang positif, meliputi tindakan seseorang atau ciri dari suatu hubungan yang tengah berjalan. Dikutip dari situs Self, green flag dalam hubungan dapat menjadi indikator positif bahwa hubungan tersebut bisa berpotensi menjadi hubungan yang sehat, aman, dan langgeng.

Semua orang pasti menginginkan hubungan yang sehat agar bisa bertahan lebih lama. Maka dari itu, kamu perlu untuk mengetahui tanda green flag dalam hubungan supaya bisa mengembangkan ikatan yang mendalam dan menjauhi konflik. Dilansir dari Better Up, ini ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan:

1. Komunikasi yang Berjalan secara Efektif dan Konsisten

Mempertahankan hubungan yang langgeng dan sehat harus dimulai dengan komunikasi yang berjalan secara efektif. Selain itu, komunikasi di antara kedua pihak perlu dilakukan secara konsisten untuk mencegah timbulnya kesalahpahaman. Masing-masing pihak membutuhkan sikap keterbukaan, berani untuk mengakui kesalahan, hingga menyampaikan empati supaya hubungan bisa tetap bertahan.

Komunikasi akan membuat seseorang bisa jujur dalam menyatakan perasaan untuk menemukan solusi dari permasalahan bersama. Mendiskusikan emosi masing-masing secara lebih dalam juga akan memperkuat keberlangsungan hubungan. 

2. Menjadi Ruang Aman untuk Satu Sama Lain

Ciri green flag selanjutnya yang dapat diketahui dalam hubungan, yaitu bisa memberikan ruang aman untuk satu sama lain. Dengan berkomunikasi, kedua pihak dapat mengetahui keinginan masing-masing. Oleh karena itu, pasangan bisa dijadikan sebagai tempat untuk saling bertukar cerita dan yang terpenting adalah menjadi diri sendiri. 

Berada dengan pasangan harus membuat kamu menjadi orang yang lebih damai dan tenang. Kamu bisa mengeluarkan segala keluh kesah dan mengekspresikan diri, tanpa perlu merasa takut dihakimi. Rasa kepercayaan ini perlahan-lahan bisa membangun hubungan agar bertahan lama. 

3. Menetapkan Batasan

Saat berada pada suatu hubungan, batasan pribadi perlu untuk dibicarakan bersama. Hal ini erat kaitanya dengan kesehatan fisik, mental dan emosional seseorang. Berawal dari komunikasi, kamu dapat mengutarakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Adanya perlindungan diri tersebut bisa mengembangkan hubungan yang penuh dengan rasa aman dan kenyamanan. Secara lebih lanjut, batasan ini juga bisa membantu seseorang untuk belajar menghargai ruang pribadi satu sama lain. 

4. Memvalidasi Emosi

Tiap orang pasti ingin merasa didengarkan, terutama ketika sedang menyampaikan segala emosi. Apabila seseorang terus-menerus menyalahkan emosimu, justru hal tersebut bisa menyebabkan kelelahan secara emosional. Itulah sebabnya, tidak kalah penting untuk memiliki pasangan yang bisa memvalidasi dan menghargai emosimu. Dimulai dengan mendengarkan, memberikan energi yang sama, hingga menyampaikan tanggapan yang membangun, maka hubungan akan berjalan sehat secara semestinya. 

 

5. Bertumbuh Bersama untuk Menjadi Versi Terbaik dari Diri Masing-masing

Memiliki partner yang selalu mendukung dalam segala situasi sudah menjadi dambaan banyak orang. Terlebih lagi, seseorang yang selalu membantu kamu untuk menjadi versi terbaik bagi dirimu sendiri. Bertumbuh dan belajar bersama tidak hanya dilakukan bersama teman saja, tetapi juga bisa dengan pasangan.

Saat kamu telah percaya sepenuhnya dan menjadikan pasangan adalah ruang yang aman, maka tidak ada salahnya untuk saling berkembang bersama. Meski segala konflik di dalam hidup akan terasa sulit, dukungan satu sama lain sangat berpengaruh untuk membuatmu tetap fokus dan terus bergerak mencapai tujuan. Tentunya akan terasa menyenangkan apabila saling membantu dalam mencapai keinginan masing-masing, bukan? 

Itu dia tanda green flag yang terlihat simpel, tetapi bisa menandakan bahwa hubunganmu telah berjalan secara positif. Apabila ciri tersebut belum ditemukan pun, kamu bisa membicarakannya dan membangunnya bersama pasangan

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading