Sukses

Relationship

9 Cara Agar Long Dostance Relationship Tak Terasa Jauh

Fimela.com, Jakarta Hubungan jarak jauh atau LDR (Long-Distance Relationship) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara dua orang yang tinggal di tempat yang berbeda secara geografis, yang sering kali memiliki jarak yang sangat besar, seperti antar negara atau wilayah.

Hubungan jarak jauh dapat menimbulkan kesulitan karena kurangnya kontak fisik yang biasanya menjadi salah satu elemen penting dalam hubungan asmara. Namun, banyak pasangan LDR yang mampu mempertahankan hubungan mereka dengan cara berkomunikasi dengan baik, saling percaya, berkomitmen, dan memberikan dukungan satu sama lain meskipun terpisah oleh jarak.

Hubungan jarak jauh memang memiliki tantangan tersendiri, tetapi juga dapat memberikan manfaat dalam membina hubungan emosional yang kuat antara kamu dan pasangan. Walaupun pasanganmu tidak berada di dekatmu, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hubungan tetap solid, berikut beberapa tips untuk membuat hubungan LDR lebih harmonis:

1. Tetap Berkomunikasi dengan Pasangan

Jangan putus hubungan melalui pesan teks, panggilan, atau video call. Salah satu hal terberat dalam hubungan jarak jauh adalah tidak adanya kontak fisik dengan pasangan. Namun, meskipun kamu tidak bisa berada di samping mereka, bukan berarti kamu tidak bisa menjalin hubungan yang nyata dan menjaga keintiman dalam hubungan tersebut. 

2. Bagikan Hal Kecil Tentang Kehidupanmu

Bantu mereka mengerti kehidupan sehari-harimu dengan lebih baik. Berbagi hal-hal kecil dan sepele dalam hidupmu dapat membuat kamu dan pasangan merasa lebih akrab, meskipun ada jarak yang sangat jauh di antara kalian . Ceritakan apa yang kamu makan untuk makan malam, apa yang kamu kerjakan sepanjang hari, atau bagaimana kamu berencana untuk merenovasi rumah.

3. Lakukan Obrolan yang Intim

Bicarakan topik-topik yang membantu kamu benar-benar mengenal pasanganmu. Melakukan obrolan yang mendalam adalah cara yang bagus untuk mengetahui betul pemikiran dan keyakinan pasanganmu. Jenis obrolan ini juga dapat menjadi kesempatan bagi dirimu untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat jujur dirimu tentang topik tertentu. 

 

4. Atur Waktu Kualitas Bersama

Waktu berkualitas membantu mempererat ikatan emosional. Sayangnya, berbeda dengan hubungan biasa, kamu tidak bisa hanya menghabiskan waktu bersama atau mengunjungi satu sama lain kapan pun yang kamu mau. Namun, itu tidak berarti kamu tidak bisa menetapkan waktu khusus untuk bersama lagi. Ketika kamu menghabiskan waktu berkualitas bersama, pastikan semua perhatianmu fokus pada pasangan dan lakukan kegiatan yang menyenangkan atau santai.

5. Kunjungi Pasangan Saat Kamu Bisa

Rencanakan waktu untuk berada bersama secara fisik untuk memperkuat komitmen hubungan. Berada dalam hubungan jarak jauh tidak selalu berarti kamu harus selalu berjauhan sepanjang waktu. Sisihkan waktu untuk saling berkunjung sesuai dengan kemampuan atau anggaran. Begitu kamu bertemu, lakukan semua hal yang mungkin telah kamu rindukan selama berkomunikasi jarak jauh, seperti pergi kencan atau memperkenalkan satu sama lain pada tempat tinggal masing-masing. 

6. Berikan Dukungan atau Motivasi Satu Sama Lain

Selalu siap memberikan kata-kata motivasi. Hanya karena kamu tidak berada di sisi satu sama lain tidak berarti kamu dan pasangan tidak bisa saling mendukung. Kirimi mereka pesan-pesan yang memberikan motivasi sepanjang hari, dukung mereka ketika mencoba hal-hal baru, dan berikan mereka keyakinan saat mereka meragukan diri. Meskipun kamu tidak bersama, kamu tetap merupakan tim, dan penting untuk mengingatkan mereka akan hal tersebut setiap kali kamu bisa.

 

7. Ingatkan Tentang Menghormati dan Menghargai

Berikan kata-kata penghargaan dari waktu ke waktu. Memberi pujian kepada pasangan dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada mereka dapat membantu mengingatkan mereka betapa berharganya mereka bagi dirimu. Ketika kamu berada dalam hubungan jarak jauh, wajar bagi kamu dan pasangan untuk meragukan apakah semuanya akan berhasil pada awalnya. Namun, jika kamu terus mengingatkan mereka betapa besar arti mereka bagi dirimu(dan mereka melakukan hal yang sama untukmu), ikatan tersebut pasti akan semakin kuat meskipun jarak memisahkan.

8. Kirimkan Hadiah Satu Saa Lain

Berikan kejutan dengan hadiah kecil untuk menunjukkan bahwa kamu memikirkan mereka. Sama seperti dirimu mungkin memberikan hadiah kepada pasangan dalam hubungan dekat, jangan ragu untuk memanjakan orang istimewa dengan hal-hal yang mereka sukai selama acara khusus atau tanpa alasan. Untungnya, tidak ada jarak yang bisa menghentikanmu untuk mengirimkan hadiah yang dipikirkan dengan baik melalui pos.

9. Tetapkan Batasan dalam Hubungan

Jadikan keinginan dan kebutuhan dalam hubunganmu jelas untuk menghindari konflik. Menetapkan batasan adalah cara untuk menjaga keseimbangan yang sehat antara kamu dan pasangan serta menjelaskan harapan satu sama lain. Aturan-aturan ini dapat menjadi panduan bagi hubunganmu dan dapat menjadi sesuatu yang kamu rujuk jika hal-hal menjadi rumit. Diskusikan hal-hal yang membuatmu nyaman dan tidak nyaman dalam hubungan, dan tetapkan batasan sesuai dengan itu.

Nah, itulah beberapa cara agar hubungan LDR terasa menyenangkan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading