Sukses

Relationship

Jatuh Cinta Itu Mudah, tapi Mempertahankan Cinta Jauh Lebih Susah

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalin hubungan, mempertahankan perasaan dan cinta memang memutuhkan upaya. Meski rasa bosan dianggap hal yang umum, namun perasaan cinta tetaplah harus dan dipupuk agar hububungan tetap langgeng. Meski mempertahankan cinta itu jauh lebih sulit dari jatuh cinta pada orang baru, tentu ada beberapa cara yang dapat membantumu untuk mempertahankannya.

Untuk menghindari mengakhiri hubungan hanya karena dirimu merasa bosan, kamu perlu mengetahui, alasan mengapa mempertahankan perasaan cinta jauh lebih sulit daripada jatuh cinta pada orang baru. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Keakraban Melahirkan Rasa Puas Diri

Seiring waktu, kegembiraan dari suatu hubungan baru bisa memudar. Hal ini menimbulkan rasa puas diri atau menganggap remeh satu sama lain. Oleh karena itu, untuk terus menjaga cinta satu sama lain tetap bertahan, pasangan perlu melakukan upaya untuk menjaga romansa tetap hidup dalam hubungan mereka.

2. Terjadinya Hambatan Komunikasi

Komunikasi yang efektif adalah kunci untuk menjaga hubungan yang sehat. Namun, seiring berjalannya waktu, kesalahpahaman dan miskomunikasi bisa saja muncul di antara pasangan, sehingga membuat mereka sulit untuk tetap terhubung.

3. Mengatasi Perbedaan

Meskipun perbedaan pada awalnya dapat menambah kegembiraan dalam suatu hubungan, perbedaan tersebut juga dapat menjadi sumber konflik dan ketegangan seiring berjalannya waktu. Mengelola menghagai perbedaan memerlukan upaya sadar dari kedua pasangan dalam suatu hubungan.

4. Tekanan dari Luar

Faktor eksternal seperti stres pekerjaan, masalah keuangan, dan tanggung jawab keluarga terkadang menjadi pusat perhatian dalam kehidupan seseorang. Hal ini pada gilirannya dapat menimbulkan ketegangan pada suatu hubungan, sehingga sulit untuk memprioritaskan dan memelihara ikatan di antara pasangan.

5. Beban Emosional

Pengalaman masa lalu dan masalah yang belum terselesaikan dapat berdampak negatif pada suatu hubungan. Terkadang, hal ini juga dapat menyebabkan hambatan emosional dan masalah kepercayaan di antara pasangan yang dapat menghambat keintiman dan hubungan mereka.

6. Hilangnya Individualitas

Seiring berkembangnya suatu hubungan seiring berjalannya waktu, ada risiko kehilangan identitas dan kebutuhan individu. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa tercekik atau kesal terhadap pasangannya dalam suatu hubungan.

Terlepas dari tantangan-tantangan ini, tetap jatuh cinta dapat dilakukan dengan upaya sadar, komunikasi efektif, saling menghormati, dan kemauan untuk tumbuh dan berkembang bersama sebagai pasangan. Penting untuk dicatat bahwa hubungan tidak hanya membutuhkan waktu untuk bertumbuh tetapi juga masih dalam proses. Namun, membina hubungan yang indah dengan orang yang kamu cintai adalah perasaan yang indah dan patut diusahakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading