Sukses

Relationship

Kata-Kata Romantis Bahasa Sunda Untuk Mengungkapkan Rasa Sayang Pada Pasangan

Fimela.com, Jakarta Bahasa Sunda, dengan melodi dan kelembutannya, menawarkan ungkapan-ungkapan yang menghangatkan hati di setiap kesempatan. Dari "kasayangan" yang merangkul keintiman hingga "sanggeusna," yang menjanjikan masa depan yang penuh cinta, kata-kata ini melampaui makna semata. Mereka menjadi benang merah yang mengikat hubungan dan memperkuat ikatan di antara dua hati yang saling mencintai.

Tiap kata, dengan nuansa bahasa Sunda yang khas, menjadi simbol dari perjalanan romantis yang indah. Di balik setiap "sareng" dan "hampura," tersirat sebuah pengakuan atas kehadiran yang tak ternilai. Setiap kalimat membentuk kisah cinta yang tak terlupakan, mengukir kenangan manis yang akan selalu terpatri dalam ingatan kedua insan yang saling merindukan.

Mengungkapkan rasa sayang dalam bahasa Sunda bukanlah sekadar memilih kata-kata, tetapi juga merangkai harmoni yang menyentuh. Di setiap "hatur nuhun" dan "nuju cai," terpancar keikhlasan dan kesetiaan yang melebur dalam ikatan abadi. Dengan kata-kata romantis bahasa Sunda, cinta tak hanya diucapkan, tetapi dirasakan dalam getaran kehangatan yang tak terlukiskan.

Kata-kata Romantis Bahasa Sunda

1. Tadinya ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we.

(Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka saja)

2. Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang.

(Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang)

3. Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona.

(Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang)

4. Terkadang pami cinta geus melekat, tai ucing oge karasa nikmat siga cokelat.

(Terkadang kalau cinta sudah melekat, tahi kucing pun terasa nikmat ibarat cokelat)

5. Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.

(Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.)

6. Mun aya nanaon di Bandung, bejakeun weh minantuna Kang Bahar, kituh.

(Kalau ada apa-apa di Bandung, bilang saja kalau kamu itu menantunya Kang Bahar, gitu)

7. Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang.

(Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang ngikutin terus)

8. Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik.

(Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek)

9. Hidup ini simpel, jangan dibuat pagujudmuringkel jiga bulu kelek.

(Hidup ini simpel, jangan dibikin rumit dan keriting kaya bulu ketek)

10. Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh.

(Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan)

Kata-kata Romantis Bahasa Sunda Untuk Pasangan

11. "Kasabaran kuring aya batasna, tapi cinta kuring ka anjeun teu aya beakna."

(Kesabaranku ada batasnya, tetapi cintaku padamu tidak ada habisnya)

12. "Panceg hiji hate. Ulah ingkah, lamun urang tara barang bere."

(Tetap satu hati. Jangan pergi walau aku nggak pernah ngasih sesuatu)

13. "Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang." (hayoh mumuntil)

(Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi menagih hutang (ngikutin terus)

14. "Namun abdi tiasa, abdi hayang nulis ngaran anjeun dina langit-langit nu loba bentangna nu endah itu, supaya kabeh jalma bisa nyaho eta gede pisan rasa pikanyaah abdi ka anjeun."

(Sebisa mungkin, aku ingin menulis namamu sebanyak-banyaknya di langit yang indah, sehingga semua orang bisa tahu betapa aku mencintaimu)

15. "Rasa cinta nyaeta anugrah nu paling endah, tapi mun misalkeun urang reseup ka hiji jalmi, teras ulah ngarasa hayang ngabogaan nana, tapi usahakan jieun manehna supaya bisa betah mun aya disisi urang."

(Cinta adalah hadiah yang paling indah, tetapi untuk mengatakan bahwa kita tertarik pada seseorang, daripada merasa perlu memilikinya, cobalah untuk membuatnya merasa betah bersama kita)

16. "Hate lamun tos dipinuhan ku rasa cinta jeung pikanyaah, bisa ngajadikeun rasa cinta anu tulus, jeung ikhlas pikeun lewih peduli ka sasama."

(Benci bila diisi dengan cinta dan kasih sayang, bisa membuat cinta yang tulus, dan ikhlas lebih peduli pada sesama)

17. "Jagaan rasa cinta nu ku anjeun boga ayena. Sabab, cinta ibaratkeun jantung. Anjeun moal pernah bisa nyaho iraha eren na."

(Jagalah cinta yang kamu miliki. Sebab cinta itu seperti jantung, kamu tidak akan pernah tahu kapan berhenti berdetak)

18. "Abdi lain jalmi anu sempurna pikeun anjeun, jeung lain oge anu paling alus pikeun anjeun. Tapi anu pasti, abdi nyaeta jalmi hiji-hijina anu terus inget ka anjeun."

(Aku bukan orang yang sempurna untukmu, dan juga bukan yang terbaik untukmu. Tapi yang pasti, aku satu-satunya orang yang selalu mengingatmu)

19. "Ulah sieun mikacinta, ku sabab kantos ngarasa gagal, aya hiji jalmi diluaran ditu anu naros, sepertos kumaha rasana dimikacinta ku salira?"

(Jangan takut mencintai karena pernah merasa gagal, ada seseorang di luar sana yang bertanya, bagaimana rasanya dicintai olehmu?)

20. "Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina".

(Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa)

 

Kata-kata Bahasa Sunda

21. "Namun abdi tiasa, abdi hayang nulis ngaran anjeun dina langit-langit nu loba bentangna nu endah itu, supaya kabeh jalma bisa nyaho eta gede pisan rasa pikanyaah abdi ka anjeun."

(Sebisa mungkin, aku ingin menulis namamu sebanyak-banyaknya di langit yang indah, sehingga semua orang bisa tahu betapa aku mencintaimu.)

22. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna oge sorangan nanging anggeur katembong masihan cahyana."

(Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri, namun tetap memberi cahayanya)

23. "Pami cinta tos melekat, tai ucing karasa nikmat siga coklat."

(Jika cinta sudah melekat, tahi kucing terasa nikmat bagai coklat)

24. "Tenang weh neng, da cinta akang mah siga lagu Kerispatih. Tak lekang oleh waktu."

(Tenang saja, cinta akang tuh seperti lagu Kerispatih. Tak lekang oleh waktu)

25. "Ulah ceurik jeung terus ngarasa sedih ka manehna anu tos ninggalkeun anjeun. Sabab, kadang-kadang urang kudu rela kaleungitan jalma anu ku urang pikanyaah supaya datang nu lewih hade."

(Jangan menangis dan terus merasa sedih padanya yang telah meninggalkanmu. Sebab, terkadang kita harus rela kehilangan orang yang kita cintai agar bisa menjadi lebih baik)

26. "Rerencangan eta sapertos bulan, onggal weungi anu poek cahyana teteup nyaangan urang. Cacak maehana jarang dongkap, nanging manehana teras aya."

(Sahabat itu bagai rembulan, tiap malam yang gelap, sinarnya tetap menerangi kita. Walau ia jarang datang, ia selalu ada)

27. "Dina mikacinta, lamun aya hiji perkawis anu lepat, mending dipilarian jalan kanggo ngabenerkeunana, tibatan sibuk milarian saha bae anu kedah di salahkeun."

(Dalam percintaan, kalau ada sesuatu yang salah, lebih baik mencari jalan untuk memperbaikinya daripada sibuk mencari siapa yang harus disalahkan)

28. "Moal tangtos awewe nu ku urang resep eta manehanna moal bakalan nyieun nyeuri hate ka urang. Kadang-kadang manehana nu sering ngalakukeun eta teh."

(Tidak pasti bahwa wanita yang kita sukai tidak akan membuat kita tertawa. Terkadang dia sering melakukannya)

29. "Urang moal bakalan bisa hirup sorangan, butuh bantuan jalmi anu sejen. Jadi, pastikeun jalmi eta teh nu bisa ku urang andelkeun."

(Kami tidak akan bisa hidup sendiri, kami membutuhkan bantuan orang lain. Jadi, pastikan orang itu yang bisa kita andalkan)

30. "Pohokeun kenangan pait nu harita, ulah ngarasa sieun ngalewatan poe ayena. Lakukeun anu paling alus ayena. Berjuang pikeun manehna anu ku anjeun pikaresep."

(Lupakan kenangan pahit masa lalu, jangan merasa takut untuk melewati hari. Lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Berjuang untuk dia yang kamu suka)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading