Sukses

Fashion

5 Tahun Berjuang, Akhirnya Duo Desainer Ini Dapat Pengakuan Anna Wintour

Jakarta Maxwell Osborne bukan tipikal desainer yang CV-nya bakal memukau siapapun yang membaca. Tidak ada nama-nama desainer terkenal di dalamnya. Pertama kali menjajal fashion bahkan karena bekerja sebagai salesman di rumah model Tommy Hilfiger. “I got into fashion by mistake,” begitu ujarnya.

Dao-Yi Chow tak jauh berbeda. Sama-sama terjun ke industri fashion karena ketidaksengajaan. Ia hanya pernah membantu temannya membuka butik di kawasan East Village, New York. Maxwell dan Dao-Yi memang sudah berteman cukup lama sebelum keduanya magang di Sean John, brand milik rapper P. Diddy. Sampai akhirnya keduanya punya sebuah ide gila untuk membuat sebuah brand, walaupun sekalipun tak pernah menjajal sekolah fashion.

Public School adalah “anak” mereka yang lahir di tahun 2008, lewat kolaborasi dengan department store, Barneys. Nama itu mereka pilih karena pengalaman keduanya yang sempat bersekolah di sekolah publik (sebutan sekolah negeri di Amerika) di New York City. Lewat cerita mereka, bersekolah di tempat tersebut membawa andil besar dalam membawa mereka merasakan nafas fashion. “You could tell who groups of students were by what they wore”.

Lewat brand ini, keduanya juga memutuskan untuk terjun ke bisnis menswear dibandingkan dengan womenswear yang sebetulnya lebih menjanjikan. Desain awal mereka lebih ke model sporty dengan sharp silhouette hingga sekarang bermodel ultra-sleek dan modern. Di tahun 2014, mereka melebarkan sayap untuk membuka lini womenswear (akhirnya). Walaupun lini menswear mereka-lah yang terus dipuji oleh publik.

Selama bertahun-tahun bergelut membesarkan brand mereka ini, akhirnya Public School mendapat pengakuan di tahun 2013. Public School mendapat nominasi di penghargaan CFDA 2013. Di bawah pengawasan Anna Wintour dan Creative Director J.Crew, Jenna Lyons, brand mereka dipilih sebagai “Menswear Designer of The Year”. Setahun kemudian, lewat kategori yang sama mereka mengulang sejarah itu. Dua kali menyabet penghargaan bergengsi sunguh sebuah prestasi yang patut diapresiasi.

Tak hanya CFDA, mereka pun memenangkan International Woolmark Prize awal tahun ini. Penghargaan tersebut makin memantapkan nama Public School untuk terus bertengger sebagai brand menswear papan atas.

Tahun ini, gebrakan baru siap untuk kita saksikan. Donna Karan memutuskan untuk tidak sepenuhnya lagi memegang kendali brand Donna Karan New York (DKNY). Ia menunjuk Maxwell Osborne dan Dao-Yi Chow sebagai creative director yang baru. Kita lihat saja bagaimana keduanya membuktikan kapasitas diri di lini womenswear September ini. Best of luck!

Foto: details.com, vogue.com, publicschoolnyc.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading