Sukses

Health

Alasan Kenapa Remaja Tetap Penting Minum Susu Kaya Kalsium

Fimela.com, Jakarta Kalsium sangat dibutuhkan tubuh sebagai penunjang tumbuh kembang anak. Namun, apakah anak-anak yang telah berusia remaja juga tetap perlu minum susu kalsium?

Melansir dari laman teenshealth.com, saat anak telah berusia remaja, tetap penting baginya untuk minum susu yang kaya akan kalsium di dalamnya. Ini agar tumbuh kembang anak tetap berjalan maksimal hingga usianya dewasa kelak. Ini juga mengingat bahwa usia remaja anak-anak cenderung lebih pemilih terhadap aneka makanan yang dikonsumsinya setiap hari. 

Selain meningkatkan tumbuh kembang anak, minum susu kalsium penting karena beberapa alasan. Apa saja alasannya? Simak yang berikut ini. 

Pentingnya Susu Kalsium Untuk Remaja

Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk kekuatan dan kesehatan tulang. Pada usia remaja, pertumbuhan tulang akan berlangsung sangat cepat. Ini juga berpengaruh pada penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi anak sehari-hari. 

Semakin cepat pertumbuhan tulang, akan semakin cepat proses penyerapan kalsium dari sari makanan. Sebaiknya anak mengonsumsi susu berkalsium agar asupan kalsium dalam tubuh tercukupi setiap harinya. Asupan kalsium yang cukup akan membantu anak memiliki tulang yang lebih sehat serta kuat. Ini juga akan mencegah anak menderita risiko osteoporosis saat ia dewasa atau usianya senja suatu saat kelak. 

Aktivitas remaja yang padat, pola hidup yang tak lagi sehat, membuat penyerapan kalsium pada anak sedikit mengalami kendala. Jika ia tidak memiliki asupan kalsium cukup, kendala yang dialami akan semakin parah dan membuat tumbuh kembang anak khususnya pertumbuhan tulang semakin buruk. 

Sumber Kalsium Terbaik Untuk Tubuh

Beberapa makanan yang kaya kalsium antaranya kacang-kacangan, kedelai dan olahannya seperti susu kedelai, tempe, tahu, edamame dan keripik kedelai, sayuran dengan warna hijau tua seperti brokoli, pakcoy, lobak hijau, kangkung dan bayam, aneka produk susu, yogurt dan keju serta susu almond. 

Mengingat pentingnya kalsium untuk tubuh, berikan asupan kalsium cukup bagi anak-anak kita di rumah. Tetap berikan asupan kalsium yang cukup hingga anak usia remaja bahkan dewasa. Usahakan untuk  tetap minta anak minum susu dengan kandungan kalsium cukup setiap harinya. Apalagi jika anak remaja lebih pilih-pilih terhadap makanan dan lebih sering melewatkan makanan yang kaya akan kalsium. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading