Sukses

Lifestyle

Maanfaatkan Social Media untuk Kesuksesan Bisnismu!

Jakarta Cari inspirasi, dapat jodoh, hingga jualan barang preloved pun, semua bisa dari social media. Begitu hebatnya, pantaslah dikatakan bahwa social media is everything right now.

Maka tak heran, social media kini bukan hanya sebagai media eksistensi diri atau sekadar tempat beropini, tapi juga telah menjadi sebuah media berbisnis hemat biaya (bahkan cenderung gratis karena tak membutuhkan biaya sewa layaknya membuka toko). Faktor terpenting yang membuat media sosial sangat diandalkan oleh pemilik bisnis, yaitu efektivitas. Still can’t believe it? Berikut 2 fakta yang bisa membuatmu makin yakin kalau social media adalah faktor pendukung untuk kesuksesan bisnismu.


1. Lebih kenal dengan konsumen
Bagi pemilik bisnis, pendapat konsumen adalah segalanya. Dengan mengetahui apa yang konsumen rasakan, alami, pikirkan, atau inginkan, apalagi yang berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan, berpengaruh sangat besar untuk kelanjutan sebuah bisnis.

Namun, bukan hal yang mudah untuk berkomunikasi dan menyenangkan semua konsumen. Karena, mereka datang dari beragam latar belakang yang menginginkan hal berbeda-beda. Di sinilah peran social media sangat diandalkan karena jarak yang biasanya ada antara pemilik bisnis dan konsumen bisa dengan mudah dijembatani dan dicari jalan tengahnya. Konsumen kurang puas dengan pelayanan sebuah jasa, mereka bisa ‘curhat’ di media sosial dan akhirnya bisa didengar oleh pelaku bisnis. Begitu pun sebaliknya, ketika pemilik bisnis butuh masukan dan pendapat, media sosial jadi wadah untuk menampung. Dengan media sosial, bisnis rumahan sekali pun bisa memiliki popularitas yang tak kalah dengan bisnis besar. Omongan dari mulut ke mulut yang beredar di media sosial, nyatanya memiliki kekuatan yang sama efektifnya dengan memasang iklan mahal di surat kabar. Thanks to social media.

2. Kedua pihak senang, bisnis pun berjalan baik
Hal lain yang membuat media sosial sangat membantu untuk kelangsungan sebuah bisnis adalah kemudahan untuk membidik konsumen potensial. Platform seperti Facebook atau Twitter, memungkinkan kamu sebagai pemilik bisnis untuk melakukan pencarian berdasarkan minat, mood, atau lokasi. Jadi, bila kamu adalah pemilik bisnis kedai kopi, kamu bisa menemukan konsumen potensialmu melalui media sosial. 

Begitu pula yang kini umum ditemui di Instagram. Para online shop tak pernah lupa menyisipkan hashtag tertentu agar calon konsumen bisa mudah menemukan bisnis mereka. Walau kini sudah begitu ketat persaingan antartoko online di Instagram, nyatanya fungsi hashtag ini masih cukup efektif. Tentu ini jadi hal yang mustahil untuk dilakukan 5 tahun lalu. Tapi kini, segalanya jadi mungkin berkat media sosial.

Jika kamu ingin manfaatkan peluang emas ini, maka tak ada salahnya mencoba membuka bisnis online di media sosial, Fimelova. Let’s do it and see how it works!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading