Sukses

Lifestyle

Cara Membedakan Depresi dengan Suasana Hati yang Buruk

Fimela.com, Jakarta Belum ada takaran untuk penyakit mental, terutama jika berkaitan dengan depresi. Depresi dapat terjadi secara berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Mungkin sampai sekarang kamu masih bingung cara membedakan antara depresi dengan suasana hati yang buruk. Simak di sini cara membedakannya, seperti dilansir dari purewow.com, Rabu (12/6/2019).

Tanda dari suasana hati yang buruk

Suasana hati yang buruk biasanya ditandai dengan kemarahan dan kesedihan. Kemarahan sebenarnya bisa disebabkan oleh faktor eksternal, seperti tidak cukup tidur, kekurangan vitamin D, alergi, pola makan yang buruk, dan PMS.

Indikator dari suasana hati yang buruk adalah perasaan tersebut muncul, lalu menghilang. Kamu akan kembali bisa fokus kerja dan menjalani kehidupan seperti biasa, tidak seperti depresi.

 

Tanda-tanda depresi

Tanda dari depresi

Berbeda dengan suasana hati yang buruk, depresi adalah keadaan suasana hati yang buruk, namun dalam jangka waktu yang lebih lama. Kamu berasa tidak berharga, sedih, bersalah, dan tidak tertarik terhadap apapun.

Jangan salah, banyak orang memiliki kehidupan sosial, karier, dan keluarga yang sukses. Menurut penelitian, seseorang yang memiliki depresi justru akan terlihat baik- baik saja, namun secara internal, mereka berusaha sangat keras untuk bangkit dan mempertahankan semua hubungan, serta perannya.

Jika ada perubahan pada kebiasaan tidur, makan, kurangnya motivasi, perasaan hampa, harga diri rendah, dan keragu-raguan yang terjadi hampir setiap hari tanpa alasan bisa dijadikan indikasi dari depresi. Merasa memiliki suasana hati yang buruk dalam waktu lama? Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan psikiater.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading