Sukses

Lifestyle

5 Alasan yang Membuat Perempuan Takut Jatuh Cinta

Fimela.com, Jakarta Terkadang sulit bagi seseorang untuk jatuh cinta, bukan karena mereka tak mau namun karena merasa takut. Ketakutan untuk jatuh cinta ini disebabkan oleh banyak hal, bisa berasal dari diri sendiri atau dari lingkungan luar seseorang. Dan inilah beberapa alasan yang membuat perempuan takut jatuh cinta.

1. Membuat orang merasa rentan

Hubungan baru adalah wilayah yang belum dipetakan, dan seseorang biasanya memiliki ketakutan alami untuk hal-hal yang tak diketahuinya. Membiarkan diri kita jatuh cinta berarti mengambil risiko yang nyata. Kita menaruh kepercayaan yang besar pada orang lain, membiarkan mereka mempengaruhi kita, yang membuat kita merasa terbuka dan rentan. Kebiasaan apa pun yang telah lama kita miliki yang memungkinkan kita untuk merasa fokus pada diri sendiri atau mandiri mulai menyingkir. Kita cenderung percaya bahwa semakin kita peduli, semakin kita bisa terluka.

2. Membangkitkan luka masa lalu

Saat kita menjalin hubungan, kita jarang sepenuhnya menyadari bagaimana kita telah dipengaruhi oleh sejarah kita. Dinamika lama dan negatif mungkin membuat kita waspada membuka diri terhadap orang baru. Kita mungkin menjauhi keintiman, karena hal itu menimbulkan perasaan sakit hati, kehilangan, kemarahan atau penolakan lama.

3. Takut kecewa

Banyak dari kita menghindar dari hal-hal yang akan membuat kita paling bahagia, karena itu juga membuat kita merasakan sakit. Kebalikannya juga benar. Kita tidak dapat secara selektif membuat diri kita mati rasa pada kesedihan tanpa membuat diri kita mati rasa pada kegembiraan. Dalam hal jatuh cinta, kita mungkin ragu-ragu untuk melakukannya karena takut kesedihan yang akan ditimbulkan.

4. Takut ditolak

Banyak orang yang memiliki cinta untuk orang lain namun menolak untuk mengungkapkannya karena takut penolakan. Ini karena ada perasaan bahwa cinta yang dimiliki tak setara yang pada akhirnya menimbulkan kekhawatiran. Takut ditolak sama sebenarnya dengan takut kecewa yang akhirnya membuat seseorang lebih baik mengubur perasaan cintanya.

5. Takut kebebasannya dibatasi

Mereka yang takut jatuh cinta tidak jarang disebabkan oleh pikiran karena ia takut kehilangan kebebasan. Perempuan ini terlalu khawatir jika setelah menjalin hubungan atau komitmen dengan seseorang, ia tak punya banyak waktu untuk menggeluti hobinya, ia takut karirnya akan terhenti, ia takut tak bahagia lagi dan ia terlalu takut bahwa pasangannya akan mengekangnya.

Selain beberapa alasan di atas juga ada alasan lainnya yang membuat seorang perempuan merasa takut untuk jatuh cinta, seperti malas memulai hubungan baru, lebih bahagia saat sendiri atau ada hal lainnya yang diprioritaskan dalam hidupnya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading