Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Sifat Tidak Enakan

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang membuat kita merasa tidak enakan dan takut menolak permintaan orang lain, seperti tidak mau mendapatkan masalah atau takut dijauhi orang lain. Tetapi mejadi people pleaser atau selalu berusaha membuat orang lain bahagia juga bukan sikap yang baik untuk kesehatan mentalmu. Karena lama kelamaan, kamu akan merasa bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain dan bisa mengorbankan dirimu sendiri.

Agar tidak keterusan menjadi people pleaser, berikut ini lima cara menghilangkan sifat tidak enakan.

1. Kamu harus tegas

Ini hal pertama yang harus kamu lakukan kalau ingin menghilangkan sifat tidak enakan adalah bersikap tegas pada diri sendiri dan orang lain. Kamu harus berani berkata tidak pada orang lain karena tidak selamanya waktumu akan digunakan untuk menyenangkan orang lain. Mungkin hal ini akan membuatmu merasa bersalah, tetapi kembali lagi ini juga demi kebahagiaanmu sendiri.

2. Ingatlah, kamu tidak bisa menyenangkan semua orang

Kalau kamu ingin menghilangkan perasaan tidak enakan, kamu harus ingat kalau kamu tidak bisa menyenangkan hati semua orang. Kalau kamu terus-terusan ingin menyenangkan semua orang, kamu akan kehilangan dirimu sendiri dan kebahagiaanmu. Ini bukan berrati kamu egois, tetapi kamu harus ingat apa yang harus kamu prioritaskan.

3. Berani menjelaskan kenapa kamu menolak

Seseorang mungkin akan merasa sakit hati saat kamu menolak permintaannya, tetapi kalau kamu bisa menjelaskan alasannya, mereka pasti bisa mengerti kebutuhanmu. Jujurlah tentang apa yang kamu inginkan agar mereka bisa memakluminya dan menghormati keputusanmu.

4. Tidak perlu merasa bertanggung jawab dengan kebahagiaan orang lain

Tidak ada yang bertanggung jawab atas kebahagiaan orang, kecuali dirinya sendiri. Karena itulah kamu tak perlu merasa terbenani dengan kebahagiaan orang lain. Kamu juga tidak perlu mengorbankan dirimu sendiri untuk melakukan itu.

5. Jangan takut dengan komentar orang lain

Kita sering merasa tidak enakan dan sehingga tak berani menolak permintaan orang lain karena takut dinilai buruk orang lain dan dijauhi dalam pergaulan. Kamu tak perlu takut dengan komentar mereka, karena pada akhirnya kamu akan tahu siapa ornag yang tulus berteman deganmu atau yang tidak.

Tidak mengapa kalau kamu mendahulukan kepentingan sendiri daripada orang lain, tetapi jangan sampai hal itu membuatmu lupa dengan kebahagiaanmu sendiri, karena semua ada porsinya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading