10 Musisi Indonesia Asli Kota Surabaya

Putu Elmira diperbarui 09 Agu 2015, 16:20 WIB

Fimela.com, Jakarta Indonesiakaya akan ragam budaya dan musisi sukses dengan karya-karya yang telah mereka hasilkan. Mereka ikut berpartisipasi memeriahkan dunia musik Indonesia yang semakin hari kian berkembang tak memandang dari aliran apapun.

Surabaya, menjadi salah satu kota yang memiliki segudang musisi yang berbakat. Tak heran, banyak dari mereka yang mencoba peruntungan di kota besar untuk menjajal karir.

Berikut 10 musisi asli dari Kota Pahlawan yang sukses dengan karya-karya yang memanjakan telinga pendengar musik Indonesia.

1. Ahmad Dhani

Dewa 19 juga menjadi bukti awal kesuksesan Ahmad Dhani sebagai pemimpin grup band tersebut. Ia juga menjadi musisi Indonesia yang jago dalam membuat karya-karya dan kini telah sukses dengan menelurkan bakat-bakat baru melalui Republik Cinta Management.

2. Maia Estianty

Mantan istri dari Ahmad Dhani ini, juga sukses di bidang musik bersama Duo Ratu yang ia ciptakan. Kini, ia membuat project baru berjudul Maia Pasto with The Stars yang berhasil menggaet pesinetron muda yang berpotensi di bidang tarik suara.

3. Ita Purnamasari

Istri dari musisi jazz Dwiki Dharawan ini, populer dengan lagu hitsnya yang berjudul Cintaku Padamu. Ia juga salah satu personel grup vokal Tiga Dara bersama Paramitha Rusady dan Silvana Herman.

4. Piyu 'Padi'

Gitaris grup band Padi ini menjadi manajemen sekaligus produser dari grup musik baru, Drive. Sebelum berkarir di Padi, juga pernah 'menggali bakat' lewat grup musik Crystal, Airo dan Rotor.

5. Joshua Suherman

Penyanyi cilik yang kini telah beranjak dewasa dikenal lewat single Diobok-Obok. Joshua yang kini berusia 22 tahun dulu juga dikenal lewat lagu Cit Cit Cuit.

6. Mus Mulyadi

Penyanyi keroncong Indonesia ini mendapat julukan si "Buaya Keroncong". Beberapa lagunya yang menjadi hit antara lain, Kota Solo, Dinda Bestari, Telomoyo dan Jembatan Merah.

7. Astrid

Astrid dikenal memiliki suara yang unik ketika bernyanyi dan mengisi sebuah album soundtrack film Tusuk Jelangkung lewat lagu berjudul Ratu Cahaya pada tahun 2003. Tahun 2006, Astrid berkolaborasi dengan grup band Saint Loco dalam lagu Kedamaian yang hadir dalam album Vision For Transition.

8. Gombloh

Mendiang Gombloh meninggalkan banyak karya andalan yang salah satu yang akrab di telinga, Kugadaikan Cintaku. Gombloh adalah pencipta lagu balada sejati dan bergabung dengan grup beraliran art rock/orchestral rock bernama Lemon Tree's Anno '69, yang musiknya mendapat pengaruh ELP dan Genesis.

9. Mus Mujiono

Adalah seorang musisi jazz yang jago memainkan keyboard, drum, gitar dan saksofon. Darah seniman sudah mengalir dalam keluarga Mus Mujiono, ayah dan kakak kandungnya, Mul Mulyadi adalah musisi keroncong.

10. Nina Tamam

Darah seni Nina Tamam dapatkan dari sang ayah Husein Tamam sebagai musisi senior Indonesia. Nina Tamam menelurkan album solo berjudul Nina yang dirilis 6 Mei 2005.

Baca juga: 10 Musisi Dunia yang Berdarah Indonesia