23 Destinasi untuk 'Tenggelam' dalam Ajaibnya Pesona Bali

Asnida Riani diperbarui 05 Mei 2016, 17:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Bali, entah sudah berapa banyak puisi yang 'lahir' darinya, betapa ribuan senandung sudah yang menggambarkan paras sang tanah impian. Tentang bagaimana udara bergerak dengan cara berbeda, senja yang 'memainkan' lakon sebagai penutup sempurna akan siang, juga taburan bintang di pekat langit yang kadang nampak, namun tidak di lain hari.

Hingga detik ini, pulau dewata masih sukses menjungkirbalikkan persepsi bahwa pesona hanya milik tempat-tempat 'anonim'. Bersisian dengan gugusan pulau Nusa Tenggara, Bali jadi sudut dengan pesona tak berujung. Mulai dari kawasan pesisir, lepas pantai, apitan gunung, bentangan terasering berpola 'membius', hingga sesederhana berbincang dengan warga lokal.

Tanah di mana semua apek kehidupan seakan saling 'merengkuh' untuk kemudian melebur bersama semesta ini setimpal untuk disambangi lagi dan lagi. Pasalnya, terlalu banyak sudut yang menarik untuk dijelajah dan hampir tak mungkin 'melahapnya' hanya dalam satu kunjungan. Jangan sampai tak memasukkan tempat-tempat berikut dalam daftar destinasi wajib di Bali.

Pulau Menjangan

Pantai Uluwatu

Ubud

Pantai Lovina

Pura Besakih

Nusa Dua

Pantai Angel Billabong

Pantai Blue Lagoon

Pantai Atuh

Pantai Uug

Garuda Wisnu Kencana

Pura Bedugul

Danau Batur Kintamani

Sangeh

Tampak Siring

Gunung Agung

Bias Tugel

Gua Lawah

Arung Jeram Sungai Ayung

Bali Safari Marine Park

Pasar Sukawati

Desa Penglipuran

Dreamland