Kapan Hari Pertama Puasa 2016?

Karla Farhana diperbarui 01 Jun 2016, 10:28 WIB

Fimela.com, Jakarta Sudah menjadi hal yang biasa setiap tahunnya, para umat muslim di Indonesia menunggu ketentuan hari pertama puasa di bulan Ramadan. Dilansir dari salah satu media nasional, PP Muhammadiyah menetapkan kapan hari pertama puasa tahun ini.

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan kepada media tersebut, awal puasa Ramadan 1437 H jatuh pada Senin (6/6). Sementara 1 Syawal 1434 H jatuh pada Rabu (6/7), dan 1 Dzulhijah 1437 H jatuh pada Sabtu (3/9). Karena sudah ditetapkan, dia melanjutkan, dia berharap masyarakat bisa meningkatkan nilai keislamannya memasuki Ramadan tahun ini. 

Menurutnya, Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan diri dalam beribadah dan berhubungan sosial dengan sesama. Selain itu, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Oman Faturrahman mengatakan, penetapan awal puasa dan Syawal tersebut didasarkan pada hasil hisab hakik wujudul hilal (perhitungan matematis berdasar posisi geometris benda langit). 

Dia menjelaskan, i9jtimak jelang Ramadan terjadi pada Minggu (5/6) pukul 10.01 WIB. Tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta dan di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk. "Karenanya 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016," katanya kepada media yang sama. 

Sementara itu, ada satu lagi metode penentuan hari pertama puasa di bulan Ramadan, yaitu rukyatul hilal (pengamatan visibilitas hilal secara langsung dengan kasat mata). Nah metode ini digunakan pemerintah dan NU. Hingga saat ini, belum bisa diketahui apakah ketetapan hari pertama puasa di bulan Ramadan Tahun ini akan sama antara dua metode ini atau tidak.