Selain Lezat, Pizza Ternyata Bisa Bikin Badan Sehat

Henry Hens diperbarui 26 Okt 2016, 18:37 WIB

Fimela.com, Jakarta Makanan yang berasal dari Italia ini digemari di banyak negara, termasuk di Indonesia. Pizza terdiri dari banyak rasa yang selalu mengundang selera. Kini sudah banyak ragam pizza yang disesuaikan dengan selera sejumlah orang. Meski banyak bentuk dan rasanya, pastinya pizza yang lezat selalu jadi favorit banyak orang.

Selain enak, pizza ternyata juga bisa membuat badan kita sehat. Seperti dilansir dari Loop, bahan-bahan yang terkandung dalam pizza bisa membuatmu melawan penyakit. Beberapa orang menghindari pizza dengan dengan alasan takut gemuk, kolesterol dan berbagai alasan lain. Padahal, pizza terdiri dari kumpulan bahan dengan banyak kebaikan. Apalagi kalau kita bisa membuatnya sendiri.

Seperti dilansir dari Men’s Health hal terbaik yang bisa kita dapatkan saat membuat pizza adalah kita bisa mengontrol pilihan yang kita gunakan. Adonan pizza misalnya, ternyata kaya akan antioksidan. Adonannya pun dipanggang dengan teknik yang tepat.

Selain itu, pizza punya kandungan serat, karbohidrat kompleks, dan nutrisi penting yang membantu menstabilkan metabolisme. Saus tomat pada pizza juga kaya akan kandungan likopen yang membantu melawan kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saus pizza umumnya juga mengandung bawang putih yang memberikanmu Vitamin B6, Vitamin C, dan mangan yang bersifat melawan kanker.

Komponen lain adalah minyak zaitun yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan memberikan dosis minyak lemak dengan banyak energi. Pizza yang mengandung keju bisa mengandung kalsium yang menguatkan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Akan lebih baik lagi kalau pizza yang kita makan memakai topping banyak sayuran.  

Taburan aneka sayur di atas pizza seperti sayuran hijau bayam, paprika hijau, dan asparagus adalah makanan yang mengandung banyak antioksidan. Ada juga jamur yang bisa melawan kanker dan punya kandungan air yang sangat tinggi. Kelebihan lain yang dimiliki pizza terletak pada proses memasaknya.

Pizza yang dimasak dengan teknik memanggang akan lebih menyehatkan karena nutrisi dari bahan-bahannya tadi tidak akan hilang. Nah, makan pizza ternyata menyehatkan tak hanya mengenyangkan. Meski begitu sebaiknya kita tetap tidak berlebihan menyantap pizza, bukankah sesuatu yang berlebihan itu kurang baik. Jadi, makan sewajarnya saja.

 

What's On Fimela