Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Fimela diperbarui 06 Des 2011, 13:55 WIB
Pintar Mengatur WaktuJumlah asupan kalori yang sama dalam sehari bisa memiliki efek yang berbeda ke berat tubuh tergantung jam berapa kamu makan. Pastikan kamu makan dengan porsi paling sedikit pada malam hari, sedang pada siang hari, dan paling banyak pada pagi hari.
SabarButuh waktu 20 menit bagi tubuh kita untuk meregister kalau kita sudah kenyang. Karena itu apabila kamu sudah makan dengan porsi cukup tetapi masih lapar, minum air putih dan tunggulah beberapa waktu sebelum memutuskan untuk menambah makanan. Most of the time your hunger will go away, dan kamu akan ‘menyelamatkan’ tubuhmu dari kalori ekstra.
Mari BerbagiPorsi ukuran makanan di restoran terkadang diberikan jauh di atas porsi makanan yang disarankan. Misalnya, steak 250gram yang tidak akan habis dimakan sendirian. Karena sayang, kita akan berusaha menghabiskan makanan yang disajikan. Karena itu, tanyakan pada pramusaji di restoran mengenai besarnya porsi makanan di restoran tersebut sebelum memesan. Kamu bisa sharing makanan atau memesan satu porsi makanan utama dengan makanan pembuka untuk berbagi dengan teman ataupun pasangan.
AromaterapiSaat kamu ingin makan dessert atau makanan penutup yang manis, tipu dirimu sendiri dengan menyalakan lilin yang memiliki keharuman cokelat, vanila ataupun keharuman manis lainnya. Ini akan membuat indra pencium kita merasa seperti apabila kita mengkonsumsi makanan yang manis.
Out of Sight, Out of Mind Simpan cemilan favorit di dalam rak tertinggi pada lemari di dapur sehingga kamu tidak akan sering melihatnya. Ini akan membuat kamu lebih sulit untuk mengambil dan mengemil camilan tersebut.
Pintar MemilihGanti roti putih dengan roti whole wheat, atau roti yang mengandung biji-bijian, serta nasi putih dengan beras merah yang kaya serat sehingga membuat kamu lebih cepat merasa kenyang.
Fokus Saat MakanMakan sembari menonton TV ataupun melakukan kegiatan akan membuat kamu makan lebih banyak tanpa menyadarinya. Semakin kamu terfokus dan menikmati hidangan, kamu akan semakin sadar akan porsi makanan yang sedang kamu nikmati sehingga lebih cepat kenyang. Karena itu, luangkan waktu untuk menikmati makanan tanpa gangguan.
Eat SlowlyApabila kamu selalu makan dengan cepat, think twice. Beberapa hasil studi menemukan bahwa orang yang makan dengan cepat mengkonsumsi makanan lebih banyak daripada yang makan dengan pelan.
Mie Dan Pasta Jangan terlalu lama memasak makanan yang bisa memuai di dalam perut seperti mie ataupun pasta. Semakin lama kamu merebus mie atau pasta, bentuk mereka akan semakin memuai serta pati akan rusak sehingga meningkatkan indeks glikemik dari mie dan pasta tersebut. Akibatnya, tubuh akan memecahkan asupan makanan dengan lebih mudah hingga kadar gula darah akan menaik dengan cepat.
Minum Sebelum Makan Segelas air putih atau secangkir teh hijau tanpa gula akan membuat tubuh kita merasa lebih ‘penuh’. Selain itu, kandungan teh hijau dipercaya mempunyai kemampuan untuk mempercepat metabolisme tubuh.
Sauce On The Side Saat memesan makanan bersaus di restoran, biasakan untuk meminta saus yang terpisah. Ini akan mengurangi asupan kalori dari saus yang umumnya cukup tidak bersahabat untuk lingkar pinggang kamu.