Olahraga Untuk Si Malas

Fimela Editor diperbarui 06 Mar 2012, 09:30 WIB
Get Mobile (At Work)Meski mungkin jenis pekerjaan mengharuskanmu duduk sekian jam di meja kantor, bukan berarti kamu harus menuruti kata tubuhmu untuk nggak melakukan apa-apa. Keluarlah dari cubicle-mu, datangi temanmu di seberang ruangan untuk menyampaikan sesuatu yang biasanya kamu sampaikan melalui email, atau sesekali biarkan office boy di kantor beristirahat dan belilah makan siangmu sendiri. Berjalan kaki selama 15 menit nonstop akan memangkas 50 sampai 100 kalori dari tubuhmu, lho!
Plan a Date!Percaya nggak, kalau nge-date nggak hanya membawa kebahagiaan pada psikismu, tapi juga fisikmu? Buatlah janji kencan sepulang kantor dengan kekasih atau suami. Dan kencan yang menyenangkan akan memperlancar aliran darahmu: jalan-jalan santai (75 kalori akan terbakar dengan berjalan selama 30 menit), sedikit bergoyang di dance floor (200 kalori akan terbakar dalam 60 menit, so shake your body!), atau bercinta (15-20 kalori akan terbakar setiap 15 menit)! Nah, keuntungan ganda untuk fisik dan psikis kan?
Bermain Bareng Si KecilBeraktivitas bersama anak adalah hal yang paling efektif dalam memacu kerja jantungmu. Menggendong si kecil ke lantai atas, memakaikan atau melepaskannya dari car seat, menemaninya bermain kejar-kejaran atau petak umpet, atau bahkan memandikannya, kamu akan berolahraga secara nggak langsung. Jadi, jangan malas saat si kecil mengajakmu bermain ya!
Throw a Dinner PartySesekali, undanglah beberapa sahabat atau kerabat untuk makan malam di rumahmu. Dijamin, dari awal sampai akhir proses penyiapan makan malam tersebut, tubuhmu nggak akan berhenti bergerak. Dari mulai berbelanja bahan-bahan, menurunkan belanjaan dari bagasi mobil, sampai memasak dan merapikan rumah sebelum kedatangan para tamu, kamu akan bisa membuang sampai 200 kalori dalam satu jam. Dan saat dinner berlangsung, jantungmu pun akan bekerja dengan baik karena kamu mengalami suasana yang menyenangkan dan dikelilingi orang-orang yang kamu sayangi. Nggak salah kok kalau kemudian kamu memanjakan diri dengan beberapa desert lezat. "Yang penting, camilanmu bebas minyak dan gula.", kata dr. Samuel Oetoro.
Mandikan Si Guk-gukHewan peliharaan memang obat hati yang murung. Dan ternyata ia juga bisa membantu menyehatkan fisikmu. Daripada membawanya ke salon untuk di-grooming, kamu juga bisa sesekali memandikan sendiri kucing atau anjingmu. Selain si meong senang karena mempunyai quality time denganmu, kamu juga bisa membuang sampai 90 kalori dalam 20 menit. Tambah jumlah kalori yang dikeluarkan tubuhmu dengan mengajak si guk-guk bermain setelah memandikannya.
Cuci MobilSiapa yang nggak menoleh dua kali jika melihat kendaraan yang bersih dan berkilap? Keuntungan lain, membersihkan kendaraan sendiri tanpa membawanya ke salon mobil akan membuat tubuhmu tetap bergerak. Mulai dari menyiramnya dengan selang, melap atau mem-vakum bagian interior, mengganti oli, sampai mengecek tekanan ban, hitungannya hampir sama dengan membakar 130-150 kalori setiap 30 menit. Jadi, kalau ada waktu senggang saat weekend, kenapa nggak berbaik hati mencucikan mobil si ayah?
Go ShoppingSetiap perempuan pasti suka berbelanja. Tapi, sebaiknya ganti stiletto-mu dengan walking shoes atau flats, untuk memudahkan pergerakanmu menjelajahi pusat perbelanjaan. Dan meski mungkin kamu hanya window shopping, aktivitas berjalan kamu akan efektif jika dilakukan selama satu jam nonstop, yang setara dengan 250 kalori. Jadi, selain untuk urusan finansial, kamu juga berinvestasi untuk kesehatan saat melakukan window shopping.