Porsi 30 Menit Berolahraga Ternyata Belum Cukup

Fimela Editor diperbarui 19 Mar 2012, 04:40 WIB
Buat perempuan, berat badan dan postur tubuh merupakan poin penting yang menjadi perhatian khusus. Bagaimana tidak, perubahan postur dan berat badan akan memengaruhi penampilan kita, perempuan, dan pastinya akan memengaruhi kita dalam memilih pakaian, aksesori, dan berbagai peralatan penunjang performa kita dalam bekerja. Seringkali pakaian dijadikan salah satu indikator yang paling diperhatikan perempuan untuk mengetahui perubahan tubuh mereka.
Yup, pastinya ukuran pakaianlah yang menjadi kuncinya. Bila ukuran pakaian yang biasa digunakan sudah melonjak drastis, biasanya perempuan baru mau tergerak untuk mulai memerhatikan gaya hidup yang mereka jalani. Menjaga pola makan dan olahraga adalah faktor utama yang harus langsung dikerjakan.
“Sayangnya, orang baru berpikir untuk berolahraga saat mereka mau menurunkan berat badan. Padahal olahraga wajib dilakukan oleh semua orang. Apalagi yang harus dipertimbangkan untuk mulai berolahraga, terlebih kalau kamu sudah merasa kegemukan. Untuk orang yang gemuk, dalam arti kelebihan lemak, harus berolahraga secara berkesinambungan. Setidaknya setiap olahraga, mereka harus menghabiskan waktu minimal 30 menit, sebaiknya 45 menit sampai 1 jam,” dr. Samuel Oetoro, Sp. G. K., menjelaskan.
Olahraga apa yang paling efektif untuk membakar lemak? “Sampai saat ini, olahraga yang paling efektif untuk membakar lemak adalah olahraga kardio. Minimal 4 hari dalam seminggu, luangkanlah waktu dengan cara bangun 1 jam lebih awal untuk mulai rutin olahraga. Kamu bisa memilih untuk jogging atau jalan cepat di sekitar komplek rumah atau mungkin berlari di treadmill jika memang di rumahmu disediakan fasilitas seperti itu,” dr. Samuel Oetoro, Sp. G. K., menyarankan.