Sayur & Buah Belum Tentu Melangsingkan?

Fimela Editor diperbarui 20 Jun 2012, 07:00 WIB
Protein Craving for meat? Bila kamu sedang diet dan menghindari asupan lemak, kebutuhan protein bisa dipenuhi oleh konsumsi jamur atau terung. Tekstur jamur yang kenyal, memberikan sensasi seperti makan daging dan tentu saja tetap membuat kenyang. Tapi, jamur mengandung sedikit sekali serat sehingga lebih baik dimakan dengan kombinasi sayur hijau berserat tinggi. Beruntung juga kita sebagai orang Asia yang memiliki tahu dan tempe sebagai sumber protein yang enak.
Metabolisme Diet juga adalah saat yang tepat untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Salah satu jenis sayuran yang patut dijadikan item wajib adalah paprika berbagai warna yang berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh. Cara mengolahnya, bisa langsung dicampurkan ke salad atau ditumis sebentar dengan bawang bombay sebagai perasa alami.
Kalsium Semakin bertambah usia, kalsium menjadi elemen yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Wortel adalah salah satu sayuran yang jangan ditinggalkan dalam setiap menu masakan karena mengandung kalsium tinggi. Pilih wortel lokal atau yang organik, dan jangan memilih hanya karena berdasarkan itu wortel impor atau berukuran besar. Kunci kualitas sayur dan buah adalah ukurannya yang real. Baby carrot yang tersedia di supermarket juga menjadi salah satu snack yang enak dan bagus nutrisinya. Cuci bersih atau dicelup sebentar di air mendidih, tergantung selera.
Gula Dalam proses diet untuk menguruskan badan, yang harus dihindari juga adalah gula. Jagung manis adalah salah satu sayuran yang perlu diawasi konsumsinya bila ingin mengurangi gula karena kadar gula dalam jagung itu sendiri tinggi. Pemilihan buah pun perlu lebih teliti karena beberapa buah kandungan gulanya tinggi. Seperti lebih baik memilih apel hijau seperti Apel Malang yang kandungan gulanya 50 persen lebih rendah daripada Apel Merah seperti Apel Washington.
Flavor booster Ketika diet dan harus lebih banyak memakan sayur daripada menu lainnya, mencampurkan lemon di adonan salad adalah flavor booster yang pas. Mencampurkan paprika, romaine lettuce, timun, dan sedikit perasan lemon, sudah bisa memberikan sensasi segar dan membantu menghilangkan rasa langu sayuran bagi kamu yang nggak suka dengan sayuran.
Berries save life Segala jenis buah-buahan berjenis berry, seperti strawberry, raspberry, atau blueberry, bisa menjadi jalan keluar kalau kamu sedang diet tapi ingin minum sesuatu yang manis.  Campurkan jenis buah berry kesukaanmu yang sudah dipotong kecil ke dalam segelas air dingin, maka warna dan rasa air tersebut akan berubah dan manis dengan alami berkat potongan buah. Sementara, kalau kamu ingin ngemil manis, pilih blueberry yang kandungan gulanya paling rendah. Daripada mengemil kacang, mengudap blueberry jauh lebih baik. Rasa manis dapat, keinginan ngemil pun terpenuhi.
Good fat Diet bukan berarti mendadak menjadi vegetarian sejati yang hanya makan daun-daunan hijau. Tubuh kita tetap perlu asupan lemak dan lemak nabati yang baik bisa didapat dari alpukat. Terlalu ekstrim menjauhi lemak pun nggak baik sebenarnya, karena liver tetap butuh asupan lemak, dan alpukat tetap boleh dikonsumsi dengan jumlah sedikit.
In between Beberapa buah, seperti semangka atau pir, punya dua sisi yang berlawanan. Di satu sisi, kandungan gulanya yang tinggi kurang cocok bila kamu sedang mengurangi konsumsi gula, namun di sisi lain kandungan airnya bagus untuk detoksifikasi ginjal. Masalah anyang-anyangan yang kerap menganggu, bisa diatasi dengan memakan buah ini. Jalan tengahnya adalah, kamu tetap bisa menikmati buah ini tanpa rasa bersalah dengan berpikir bahwa ini adalah camilan manis yang sehat sambil mengurangi konsumsi gula di makanan atau minuman yang lain. “Sedang diet, bukan berarti harus sengsara. Diet adalah menyeimbangkan apa yang kamu makan dengan gaya hidupmu,” kata Riani.
Almost perfect Buah apa yang paling mendekati sempurna untuk dikonsumsi? Pepaya adalah salah satunya. Kandungan gulanya sangat rendah, seratnya tinggi, serta memiliki raw enzymes yang bagus komposisinya. Bukan hanya sebagai buah yang menjadi andalan untuk melancarkan konstipasi, pepaya menyimpan manfaat lain. Bukan hanya buahnya, bijinya pun berguna. Ambil  5 butir biji pepaya, kunyah hingga halus, lalu telan bersama daging pepaya, yang berguna untuk kesehatan mata. Kandungan Vitamin A dan flavonoid adalah ingredient “ajaib” dalam buah ini. Buah pepaya juga bukan buah musiman, hampir di setiap musim di iklim tropis ini ada. Itu serasi dengan prinsip hidup sehat yang bukan “hit and run”, yaitu hanya sekali mengonsumsi sesuatu tapi besok ditinggalkan, karena rutinititas tetap menjadi kunci keberhasilan.
Bromelain Nanas yang biasanya dipakai untuk menjadi variasi rasa dalam sebuah masakan, punya satu kandungan spesifik yang nggak didapatkan di banyak buah lainnya. Bromelain, yaitu kandungan nutrisi yang mempunyai kegunaan anti peradangan. Itu sebabnya, mengonsumsi nanas berguna untuk mencegah terbentuknya sel  tumor  otak dan memperbaiki sistem kerja pembekuan darah. Secara vitamin, sudah pasti Vitamin C untuk daya tahan tubuh, kecantikan kulit, dan daya ingat, bisa didapatkan dari buah ini.