Kue Coklat Ini Terbuat Dari Larva Serangga, Tetapi Rasanya Tidak Berbeda Dari Kue Biasa, Mau Coba?

Fimela diperbarui 20 Mei 2014, 11:40 WIB

Saat membayangkan makanan enak, yang terbayang dalam pikiran Anda mungkin makanan yang berbahan ikan, ayam, daging, atau sayuran. Tetapi, makanan enak ternyata juga dapat dihasilkan dari larva serangga.

Seorang mahasiswa di Iceland bernama Búi Bjarmar Aðalsteinsson membuat inovasi di dunia kuliner dengan menggunakan bahan dasar serangga. Seperti dilansir dailymail.co.uk, serangga yang dipakai adalah yang berbentuk larva, sebelum dicampur dengan bahan lain, larva-larva ini di oven dan diblender terlebih dahulu.

Búi membuat fl factory atau pabrik lalat yang membuatnya dapat menanam aneka tanaman dengan bantuan kotoran larva-larva itu. Disanalah serangga-serangga tersebut dikembang biakkan sebelum dijadikan makanan.

Beberapa jenis makanan yang dia buat antara lain larvae pâté yang memiliki rasa seperti ayam dan dessert kue coklat yang sebenarnya berbahan dasar larva juga. Lihat saja proses pembuatan kue coklat larva pada video berikut.

Video: copyright youtube.com/Jennifer IMDb

Saat di uji cobakan pada konsumen, rata-rata mereka mengatakan tidak dapat membedakan makanan dari larva dengan makanan biasa. Dan makanan-makanan unik ini relatif disukai meskipun banyak orang tidak mau memakannya karena merasa jijik.

Larva memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat cocok digunakan sebagai bahan makanan. Selain itu, produksi yang dilakukan pria ini merupakan proses tanpa sampah yang ramah lingkungan.

Bagaimana menurut Anda, Ladies? Anda mau mencobanya?

(vem/cha)