Olahraga Saat Hamil? Why Not!

Fimela diperbarui 13 Jul 2013, 20:25 WIB

Jika anda seorang wanita yang gemar berolahraga, mungkin anda akan berpikir untuk menghentikan hobi anda selama anda hamil. Namun, tahukah anda bahwa olahraga dan fitness dapat dilakukan ketika anda sedang hamil dan justru baik untuk anda?

Banyak keuntungan ketika anda berolahraga saat anad sedang hamil. Sama dengan ketika anda tidak sedang hamil, aktivitas-aktivitas olahraga dan olah tubuh dapat membuat anda merasa lebih baik dan dapat membantu anda untuk mempertahankan atau meningkatkan fleksibilitas, kesehatan, dan kekuatan fisik anda.

Olahraga dapat menjadi unsur penting dalam penyesuaian pada perubahan yang sedang terus dialami oleh tubuh anda dan mengurangi rasa ketidaknyamanan selama anda hamil. Diskusikan olahraga dan latihan yang anda dapat jalani selama anda hamil dengan dokter anda.

Namun, tidak disarankan untuk anda memulai olahraga yang baru saat anda hamil. Selain itu, hindarilah olahraga yang beresiko anda dapat terjatuh. Selain itu, anda juga harus berhati-hati dengan aktivitas di ketinggian, seperti mendaki gunung, karena tingkat oksigen yang menurun di ketinggian dapat membahayakan janin yang sedang anda kandung.

Berikut ini adalah olahraga yang bisa anda jalankan selama hamil seperti yang dimuat di pregnancy.com:

1. Berjalan

Berjalan adalah olahraga yang cukup berat yang disarankan dokter jika anda tidak terlalu aktif secara fisik sebelum anda hamil.

2. Berenang

Karena berenang bukanlah olahraga yang mengharuskan anda untuk mengangkat beban, berenang dapat menjadi aktivitas yang ideal dilakukan saat hamil.

3. Jogging dan tennis

Jika anda terbiasa melakukan olahraga jenis ini sebelum hamil, biasanya dokter anda akan memperbolehkan anda untuk tetap melanjutkannya selama hamil.

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/ova)
What's On Fimela