Sukses

Lifestyle

Ini Manfaat Olahraga Rutin Bagi Perempuan, Salah Satunya Mendapatkan Tubuh, Pikiran, dan Jiwa Yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat dari olahraga tentu tidak hanya sebatas kebugaran tubuh saja, tetapi juga dapat meningkatkan percaya diri dan menstabilkan kondisi mental. 

Dikutip dari rilis yang diterima Tim Fimela, berdasarkan data Sport Development Index (SDI) Kemenpora tahun 2023 tercatat bahwa hanya 31% dari perempuan Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan berolahraga. Angka tersebut tergolong rendah jika melihat jumlah keseluruhan penduduk Indonesia yang besar. Secara global, partisipasi dan minat perempuan dalam olahraga atau aktivitas fisik cenderung rendah. Dilansir dari doctorpedia.com, berikut adalah manfaat olahraga bagi perempuan.

Meminimalisir risiko kanker payudara

Kanker payudara adalah penyakit paling mematikan yang dialami oleh perempuan. Namun, studi menunjukkan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko perempuan terserang kanker payudara hingga 20%. 

Meningkatkan kesehatan kulit

Perempuan sangat peduli dengan kesehatan kulit. Selain dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit, olahraga juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kulit. Para peneliti menemukan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan kulit dan dapat membuat awet muda. 

Menguatkan tulang 

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah karena keropos. Penyakit ini dapat menyerang laki-laki dan perempuan, tetapi lebih banyak terjadi pada perempuan. 8 dari 10 kasus osteoporosis terjadi pada perempuan karena perempuan mengalami menopause. Dengan berolahraga, Sahabat Fimela dapat memperkuat otot dan tulang terlepas dari olahraga apa yang dipilih.

Menstabilkan mood

Saat menstruasi, perempuan sering mengalami perubahan mood yang dratis atau mood swings. Melalui olahraga, Sahabat Fimela dapat melawan mood swings dengan hormon endorfin yang dihasilkan dari berolahraga.

ASICS Dukung perempuan Indonesia untuk Berolahraga

Menyambut Hari Perempuan Internasional, ASICS meluncurkan gerakan “Move Her Mind” yang ditujukan kepada perempuan dan komunitas di seluruh dunia untuk mendukung mereka dalam berolahraga. Melalui gerakan ini, ASICS berharap dapat meningkatkan minat perempuan dalam berolahraga agar mendapatkan tubuh, pikiran, dan jiwa yang sehat.

Gerakan “Move Her Mind” ditujukan untuk memberikan dukungan penuh, pemberdayaan, dan menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk aktif bergerak melalui program-program yang dari ASICS yang akan diawasi oleh pelatih khusus. Melalui ASICS Running Club yang bekerja sama dengan beberapa komunitas memberikan kesempatan bagi para perempuan Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan gaya hidup yang lebih sehat. 

Dikutip dari rilis yang diterima Tim Fimela, Sota Fukushima, Presiden Direktur ASICS Indonesia menyatakan, “'Move Her Mind' bukan hanya tentang bergerak saja, tetapi juga sebuah inspirasi, pemberdayaan, dan dukungan kepada perempuan untuk mencapai potensi penuh mereka melalui kekuatan berolahraga."

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading