Sukses

Health

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah untuk Kamu yang Hobi Olahraga

Fimela.com, Jakarta Berolahraga adalah kebiasaan sehat yang membuat tubuh rileks dan menciptakan perasaan sejahtera. Ketika sedang berolahraga, otot-otot tubuh akan menjadi panas karena mengerahkan tenaga. Alhasil, tubuh akan memberi respon alami dengan memproduksi keringat.

Orang yang bertubuh bugar, biasanya berkeringat lebih cepat selama berolahraga. Ini karena suhu tubuh mereka lebih rendah dari pada orang-orang yang kurang aktif bergerak. Orang yang jarang berolahraga atau bahkan tidak pernah berolahraga sebelumnya, lebih mungkin berkeringat lebih banyak saat melakukan aktivitas fisik karena tubuh mereka lebih cepat memanas.

Ketika epidermis di dalam tubuh terpengaruh oleh keringat saat berolahraga, keringat dapat merusak jaringan kulit dan menyebabkan iritasi bahkan jerawat. Lalu, bagaimana cara merawat kulit dengan baik? Berikut adalah 5 langkah sederhana yang bisa dijadikan rutinitas perawatan harian ketika sebelum dan sesudah berolahraga.

1. Rajin membersihkan wajah

Meski menggoda, memakai riasan atau makeup saat pergi berolahraga adalah hal yang dilarang. Peningkatan aliran darah dan keringat saat berolahraga dapat menyebabkan pori-pori membesar, yang berarti apa pun yang berada di atas kulit kemungkinan besar akan terjebak di dalam pori-pori.

Siapkan tas kecil (pouch) berisi sabun cuci wajah sehingga Sahabat Fimela dapat mencuci wajah sebelum dan sesudah berolahraga. Jika Sahabat Fimela rentan berjerawat di wajah atau badan, pilihlah pembersih gel dengan kandungan yang lebih efektif. Kegiatan membersihkan wajah akan membuat kulit terasa lebih sejuk dan menyegarkan.

2. Pilih waktu yang tepat

Memilih kapan akan berolahraga mungkin berada di luar kendali Sahabat Fimela. Namun, jika memiliki waktu fleksibel, hindari berolahraga di luar ruangan pada siang hari ketika UV matahari berada di titik tertinggi.

Semakin tinggi tingkat UV matahari, semakin besar juga risiko kerusakan kulit akibat sinar matahari. UV matahari lebih buruk pada musim panas dan tentu lebih rendah pada cuaca berawan.

3. Gunakan pelindung dari sinar matahari

Minimalkan risiko kerusakan akibat sinar matahari saat berolahraga dengan menggubakan tabir surya, kacamata hitam, topi, dan pakaian pelindung. Saat mengaplikasikan tabir surya, cobalah mencari SPF 50+, formula tahan air yang tidak mudah berkeringat. Kemudian aplikasikan sebanyak 2 ruas jari dan lakukan pengulangan setiap 2 jam.

Selain itu, dapat menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari secara langsung. Topi pun diperlukan untuk melindungi wajah, telinga, dan tengkuk leher dari sinar UV langsung. Jika melakukan olahraga seperti bersepeda, Sahabat Fimela bisa membeli sarung tangan dan sarung dengan perlindungan matahari tinggi untuk proteksi sinar UV.

4. Makan dan tidur nyenyak

Untuk melindungi kulit dari dalam ke luar, mengkonsumsi makanan bergizi adalah kuncinya. Vitamin A, C, D, dan E bermanfaat untuk kesehatan kulit, begitu pula kolagen, CoQ10, dan zinc. Selain itu, tidur yang baik dan sehat berkorelasi dengan elastisitas dan hidrasi kulit yang tepat. Tidur malam yang nyenyak penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit jangka panjang.

5. Lakukan pemeriksaan kulit secara rutin

Terakhir, jika Sahabat Fimela sering menghabiskan waktu di luar untuk berolahraga, pastikan selalu melakukan kulit tahunan dengan dokter kulit untuk memasikan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari dapat diketahui sejak dini dan ditangani dengan baik.

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading