Sukses

Lifestyle

4 Tips Berolahraga Efektif 30 Menit di Tengah Padatnya Jadwal Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Olahraga sangat penting untuk membantu mengurangi berat badan lebih, menjaga pikiran yang positif hingga mempertahankan keseimbangan mental. Berolahraga juga menjadi coping mechanism yang baik untuk para pengusaha dan menjadi distraksi untuk terhindar dari kegiatan yang tidak baik. 

Bahkan, olahraga bisa menjadi bagian dalam pemulihan juga yang dapat membantumu untuk kembali pada aktivitas yang sehat.

"Berolahraga tidak selalu hanya kopi di pagi hari saja yang dapat membantu mengisi energi untuk 4 hingga 5 jam ke depan, tetapi olahraga yang dilakukan juga tidak haruslah rumit dan dapat membantu mengurangi berat badan serta membantu fokus dalam pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi," kata Sujan Patel, selaku Co-founder Narrow.io.

Sebuah studi menunjukkan melakukan olahraga meskipun hanya 30 menit saja dapat memberikan pengurangan berat badan secara signifikan hingga mengurangi masa lemak pada tubuh. Mungkin dari kalian masih ada yang berpikir jika olahraga haruslah mengangkat barbel, treadmill, hingga berlari sprint. Dan tentu saja tidak semua orang sempat melakukan aktivitas tersebut.

Orang-orang kantoran misalnya, dikejar target dan tekanan pekerjaan yang besar membuat banyak orang kantor yang kesulitan untuk menjaga kondisi fisik mereka. Akibatnya, mereka mudah jatuh sakit dan hilang energi yang banyak. Untuk mengatasi hal ini, orang-orang yang memang sibuk juga dapat melakukan olahraga namun dengan cara yang lain. Apa saja kegiatan olahraga yang bisa dilakukan untuk orang-orang yang miliki jadwal padat di kantor? Berikut informasi dari Inc untuk kamu.

1. Gunakan tangga kantor atau rumah

Kamu bisa membagi 30 menit menjadi 15 menit untuk lari ke atas dan 15 menit turun ke bawah tangga. Meskipun hanya 1 anak tangga saja dan kamu ada di lantai 4, manfaatkan saja kesempatan ini untuk memulainya dari tangga lantai pertama hingga seterusnya. Dari naik turun tangga ini akan tercipta olahraga 30 menit yang baik untuk tubuh. 

2. Manfaatkan meeting untuk 'berjalan' santai  

Jika kamu punya one-on-one meeting dengan rekan kerja maupun teman, atau bahkan meeting dengan 2-3 orang, coba cara meeting yang unik ini. Kamu bisa memanfaatkan jalanan kosong dan menggunakannya untuk kegiatan multitasking. Meeting akan berjalan dengan baik bahkan mencapai pecapaian yang lebih dari sekedar personal serta lebih relax. 

3. Berjalan maupun bersepeda ke tempat kerja

Memang benar jika kantor setiap orang memiliki jarak tempuh yang berbeda. Terlebih di Jakarta khususnya banyak yang memilih mobil untuk menempuh jarak. Selain itu juga ada sebagian orang yang memilih transportasi publik. Percayalah jika berolahraga selama 30 menit bisa disiasati dengan berjalan ke kantor. Jika kamu pergi ke kantor dengan transportasi publik, kamu bisa berhenti di tempat yang agak jauh dari kantor dan berjalan saja selama 30 menit. Dari sinilah kamu bisa memaksimalkan kesempatan berolahraga selama 30 menit di tengah kesibukan yang melanda. 

4. Tambah tenaga dalam membersihkan rumah dan isinya 

Pernah mendengar istilah elbow grease? Elbow grease sendiri merujuk pada aktivitas fisik panjang, contohnya seperti membersihkan rumah. Eits, jangan salah, membersihkan rumah juga termasuk bagian dalam olahraga. Apalagi jika kamu tidak sempat pergi ke gym maupun mengangkat barbel serta melakukan treatmill. Dengan melakukaan vacuum, membersihkan debu, memotong tanaman yang sudah memanjang, hingga menyapu perkarangan menjadikannya kegiatan ini bagian olahraga. Dengan melakukan bersih-bersih rumah tidak hanya dapat membuat rumah semakin bersih tetapi juga membuahkan hasil kardio yang maksimal. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading